Kimchi Kprea Selatan

Demam kpop dan drakor yang kini melanda masyarakat Indonesia baik tua hingga muda juga membawa beragam kebudayaannya. Salah satu budaya yang sangat terasa dan kini mulai banyak ditemui di Indonesia adalah kuliner. Mulai dari jajanan hingga makanan berat atau masakan rumahan banyak dijajakan.

Beberapa adegan drama Korea dimana sang aktor atau aktris tampak menikmati makanan khas mereka menjadi marketing yang sangat kuat. Membuat banyak orang terpengaruh untuk ingin mencobanya. Apakah benar rasanya seenak dengan apa yang diperlihatkan para aktor atau aktris tersebut? Yang jelas enak atau tidaknya jika belum mencoba maka rasa penasaran pasti semakin besar, iya kan?

Beragam Makanan khas Korea Selatan yang Banyak Dijual di Indonesia

Tteobokki Korea Selatan
Snack Korea Tteokbokki. / Foto : Shutterstock

Saat ini di Indonesia sudah mulai berjamuran penjual yang menyediakan makanan khas Korea Selatan. Mulai dari makanan instan seperti ramyun, jajangmyeon hingga kimchi instan. Ada juga bumbu masakan seperti saus gochujang atau saus bulgogi. Dengan adanya berbagai macam bumbu dan bahan masakan, tentunya kamu bisa memasak semua masakan tersebut dengan mudah di rumah. 

Tapi buat kamu yang malas untuk memasak dan hanya ingin mencicipinya juga bisa kok. Ada aneka snack yang bisa didapatkan hingga makanan berat. Apa saja itu? Simak macamnya berikut ini. 

Tteokbokki

Inilah jajanan yang paling banyak dicari dan sudah bisa ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Tteokbokki adalah jajanan yang terbuat dari tepung beras dan dibentuk silinder kecil-kecil. Tteok kemudian dimasak bersama dengan saus pedas gochujang dengan kaldu anchovy atau ikan teri besar. 

Warnanya yang merah dan rasanya yang pedas membuat makanan ini cocok dengan lidah orang Indonesia, jadi tak sedikit yang menyukainya. Tteokbokki kemudian divariasikan dengan tambahan bahan seperti telur rebus, fish cake bahkan ramyun. 

Bibimbap

Bibimbab Korea Selatan
Bibimbab / Foto : Shutterstock

Kalau makanan yang satu ini biasanya disediakan di restoran khas Korea. Bibimbap merupakan nasi campur Korea, kalau di Indonesia mirip seperti nasi pecel tapi yang membedakannya adalah saus dan penggunaan daging. Sayuran yang digunakan adalah wortel, bayam dan juga kimchi. Bibimbap adalah salah satu jenis makanan rumahan Korea yang sering dibuat karena praktis. 

Nasi yang digunakan harus dibumbui terlebih dahulu menggunakan minyak wijen supaya memiliki rasa dan bau harum. Saus yang ditambahkan sama seperti tteokbokki yaitu gochujang dengan kecap asin khusus Korea yang biasanya difermentasi selama puluhan tahun. Bibimbap semakin enak karena tambahan telur mata sapi setengah matang dan juga daging sapi. Di negara asalnya, makanan ini berasal dari daerah Jeonju, Tongyeong dan Jinju. 

Dakgangjeong

Ayam goreng korea yang dibumbui dengan saus pedas manis disebut dengan dakgangjeong. Ayam digoreng dengan tepung terlebih dahulu hingga matang kemudian baru dibumbui dengan saus di atas api sehingga menghasilkan cita rasa ayam tetap krispi namun berbumbu. Jika di drama Korea biasanya makanan ini dikonsumsi saat menonton pertandingan sepak bola sambil minum bir. 

Di Indonesia, dakgangjeong bukan hanya tersedia di restoran mahal tapi banyak tempat makan khusus yang menjualnya dengan harga murah. Kepopuleran ayam goreng Korea ini cukup besar bahkan bisa mengalahkan merk ayam goreng yang sudah terkenal loh. 

Baca juga:   Bukan Hanya Kimchi, Ini 10 Makanan Khas Korea Selatan Terbaik

Korean BBQ

Korean BBQ
BBQ Korea / Foto : Shutterstock

Kalau yang satu ini paling asyik jika dinikmati bersama-sama dengan banyak orang. Kenikmatan Korean BBQ sama seperti dengan menu steamboat dari China dan Jepang, hanya saja hidangannya harus dipanggang. Beberapa bahan yang harus ada adalah daging sapi, bawang bombay, sayuran seperti selada dan juga saus gochujang. 

Daging harus dibumbui terlebih dahulu dengan saus BBQ atau bulgogi sehingga ketika dipanggang memiliki aroma dan rasa yang lebih enak. Selain daging sapi ada juga perut babi yang disebut dengan samgyeopsal, jadi ketika memesan kamu harus lebih cermat ya. 

Kimbab

Bagi penggemar sushi, kamu pasti tak asing lagi dengan makanan khas Korea Selatan yang halal satu ini. Bentuknya sama persis dengan norimaki, namun yang berbeda adalah kimbab memiliki lebih banyak isian dan bahan serta nasi diberi bumbu minyak wijen. Sedangkan norimaki hanya menggunakan satu bahan dan nasinya dibumbui dengan cuka beras. 

Isian kimbab dimulai dari sayuran seperti wortel dan lobak yang ditumis hingga melembut. Kimbab juga menggunakan potongan daging sapi yang dipanggang dan dibumbui dengan saus bulgogi. Nasi yang digunakan pun bisa berupa nasi putih, nasi merah hingga nasi hitam Korea. 

Nasi Goreng Kimchi

Di restoran atau rumah makan Korea pastinya selalu menyediakan menu nasi goreng kimchi. Makanan khas Korea yang pedas selalu dipilih karena rasanya yang tidak terlalu berat. Cara membuatnya pun tergolong mudah hanya mencampurkan nasi dengan potongan kimchi. Jika di negara asalnya nasi goreng Kimchi juga ditambahkan ham yaitu kornet daging babi, tapi di Indonesia diganti dengan sosis atau telur. 

Tokkebi

Jajanan ini juga sama seperti Tteokbokki yang sangat terkenal dan sudah banyak jajanan kaki lima menjualnya. Tokkebi adalah hotdog kentang, sosis dilapisi dengan adonan tepung jagung dan dilapisi kembali dengan potongan kentang kemudian digoreng. Makanan khas Korea Selatan ini cukup mengenyangkan loh karena ukurannya yang sangat besar. 

Varian modern yang kini sering dibuat yaitu bahan utama sosis diganti dengan potongan keju mozarella. Ada juga yang menggunakan baluran jagung sehingga rasanya lebih renyah.