ratatouile Perancis
Foto : Shutterstock

Ketika memikirkan negara Perancis, pasti kebanyakan orang akan mengingat kota Paris dan menara Eiffel. Ada begitu banyak cerita roman dan fashion terkenal dari negara ini. Tapi jika dilihat dari kulinernya, para koki Perancis mampu menghidangkan berbagai jenis keju dan wine untuk memasak. Hal inilah yang membuat Perancis juga terkenal dengan kulinernya. 

Negara yang dijuluki The City of Light ini memiliki puluhan restoran yang menyediakan makanan khas Perancis dengan harga yang sangat mahal. Maka ketika berwisata ke Perancis, butuh bujet khusus yang lebih besar untuk berkeliling mencicipi hidangan khasnya. 

Alasan Makanan Khas Perancis Terkenal di Seluruh Dunia

macaron khas Perancis
Pastry macaron khas Perancis. / Foto : Shutterstock

Walaupun makanan khas Perancis sekilas terlihat mirip namun ada beberapa perbedaan mendalam dalam setiap jenisnya. Salah satu jenis makanan yang simpel dan sempurna adalah pastry. Croissant dan macaron adalah salah jenis pastry yang mendunia dengan filling yang konsisten dan berkualitas. 

Pastry lainnya yang tak kalah terkenal adalah eclair yaitu puff pastry yang diisi dengan cream dan taburan icing sugar. Semua pastry ini telah menjadi makanan favorit yang dikonsumsi sejak lama di berbagai belahan dunia. Apa yang menyebabkannya bisa disukai di seluruh dunia? Yuk simak alasannya. 

Tempat Lahirnya Haute Cuisine dan Nouvelle Cuisine 

Haute Cuisine adalah salah satu teknik memasak makanan khas Perancis yang diciptakan oleh Georges Escoffier. Melalui teknik ini, memasak di dapur Perancis berjalan dengan lebih efisien. Ada beberapa area yang dibagi secara khusus di dalam dapur dan harus ditangani oleh koki dengan keahlian berbeda. Ada empat bagian yaitu :

  1. The Garde Manger, yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan hidangan dingin. 
  2. The Rotisseur yang bertugas untuk berbagai macam hidangan panggang, dibakar dan digoreng. Kebanyakan bahan bakunya menggunakan daging. 
  3. The Patissier memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan berbagai macam jenis hidangan penutup bukan hanya roti. 
  4. The Saucier yang bertanggung jawab untuk segala jenis saus dan sup. 

Adanya empat tugas berbeda dalam dapur membuat hidangan bisa diselesaikan dengan lebih cepat. Orang yang menikmati hidangan pun lebih cepat dalam sebuah restoran sehingga perputaran pun berlangsung dengan efektif. Hal ini mampu membuat sebuah restoran mampu mencakup lebih banyak pelanggan dan uang sehari-hari. 

Perubahan kemudian terjadi setelah Perang Dunia I selesai, dimana transportasi bahan pangan dari negara lainnya terjadi dengan lebih mudah. Lalu lahirlah yang disebut dengan Nouvelle Cuisine. Arti dari Nouvelle Cuisine adalah masakan yang menggunakan sedikit bahan tepung atau lemak dan ditambahkan saus ringan dengan bahan baru. Dimana hidangan ini hanya membutuhkan sedikit persiapan. Koki di restoran Nouvelle Cuisine hanya membutuhkan waktu memasak yang lebih singkat dan bahan-bahan yang fresh. Bisa dibilang juga hidangan ini cocok bagi mereka yang sedang menjalani diet ketat. 

Kuliner yang Bervariasi di Setiap Masa Liburan

Makanan khas Perancis yang terkenal juga dikarenakan hanya dihidangkan saat masa liburan atau hari raya tertentu saja. Kuliner memang ada yang bisa dikonsumsi kapan saja, tetapi ada beberapa hidangan khusus yang hanya dimasak di waktu tertentu pula. 

Baca juga:   10 Makanan Khas Perancis yang Lezat dari Escargot hingga Mousse

Contohnya saja hidangan Natal, pada saat liburan Natal tiba banyak orang yang merayakan bersama dengan keluarga tak terkecuali masyarakat Perancis. Pada saat Natal, setelah pulang dari gereja, para keluarga akan pulang kerumah dan menikmati hidangan. Kegiatan ini disebut dengan Le réveillon

Kuliner yang biasanya dihidangkan saat malam Natal adalah ayam kalkun, daging angsa, lobster, atau sponge cake. Ada jenis cake khusus yang disebut dengan bûche de Noël, yaitu kue yang berbentuk seperti potongan kayu. 

Kuliner Tidak Lengkap Tanpa Wine

Red Wine Perancis
Hidangan Perancis dengan red wine. / Foto : Shutterstock

Makanan khas Perancis jenis masakan apapun tak ketinggalan selalu ditutup dengan segelas wine. Minuman beralkohol ini dibuat langsung di Perancis baik itu red wine, white wine dan rose wine. Perancis adalah negara yang terkenal sebagai penghasil berbagai varietas anggur, sebagai contoh Pinot Noir, Sauvignon Blanc, dan Cabernet Sauvignon.

Wine sendiri adalah minuman yang sangat terkenal di dunia dan inilah yang turut serta memperkenalkan kuliner Perancis menjadi semakin terkenal. Wine sendiri tak hanya sebagai minuman, tetapi juga dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Contohnya saja  Boeuf bourguignon yang menggunakan red wine.