makanan khas Jerman

Pernah dengan nama Bavaria? Ini bukanlah nama dari sebuah negara melainkan suatu daerah yang ada di Jerman. Wilayah ini berada di bagian tenggara Jerman dengan jumlah penduduknya 12.5 juta orang. Tahukah kamu bahwa di wilayah inilah banyak sekali makanan Jerman tradisional yang terkenal. 

Bavaria adalah tempat lahirnya sosi Jerman hingga hidangan kue tradisional yang hingga kini masih terus dinikmati. Banyak sekali hidangan spesial baik tradisional hingga eklektik yang memiliki cerita masing-masing. 

Tidak hanya hidangan makanan khas Jerman saja, bir adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi orang Jerman juga berasal dari sini. Penasaran apa saja kuliner dari Bavaria yang tidak boleh dilewatkan? 

Lebkuchen, Si Kue Jahe Tradisional

Kue jahe khas Jerman
Lebkuchen atau kue jahe Jerman / Foto : Shutterstock

Pastinya sudah tahu dong dengan legenda si kue jahe? Walaupun cerita dongeng itu bukan dari Jerman, tapi kue jahe asalnya dari Bavaria. Lebkuchen adalah kue jahe asli yang pertama kali dibuat di Jerman yaitu di kota Nuremberg. Dibuat sejak tahun 1395, Lubke Chen menjadi camilan yang dikirim hingga ke area China. 

Lebkuchen Baker’s Guild adalah perkumpulan pertama pembuat kue jahe pertama di tahun 1643. Diikuti oleh 14 pembuat roti ternama yang terikat dalam peraturan ketat dalam pembuatannya. Hingga pada tahun 1867, Lebkuchen akhirnya dibuat menggunakan tangan. 

Proses produksi kue jahe menggunakan alat otomatis dilakukan setelahnya karena munculnya liberalisasi perdagangan komersial di wilayah Bavaria. Namun tetap saja beberapa toko roti Nuremberg masih memproduksi Lebkuchen spesial dengan tangan. 

Resep tradisional pun tetap digunakan yang didapatkan dari turun temurun. Resep kue jahe tertua sudah ada sejak abad ke 16,  saat ini diletakkan di dalam Museum Nasional Jerman di Munich. Pada tahun 1996, Lebkuchen menjadi protected geographical indication (PGI), yaitu sebuah representasi yang terbaik dari produksi makanan di Eropa.   

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat Lebkuchen adalah madu, tepung terigu, gula, telur, hazelnuts, walnuts, almonds, permen jeruk, kulit jeruk, marzipan, dan bumbu rempah. Beberapa bumbu rempah yang digunakan adalah kayu manis, jahe, bunga lawang, cengkeh, cardamom, dan pimento. 

Saat ini Jerman telah menjadi eksportir kua jahe yang besar seperti Wicklein-Lebkuchen, Haeberlein-Metzger, Lebkuchen Schmidt, dll. 

Sosis Bavaria (Wurst dan Weißwurst) 

Sosis khas Jerman
Macam-macam sosis Jerman / Foto : Shutterstock

Jika bertanya sosis, maka identik dengan makanan Jerman. Ada banyak sekali jenis sosis yang diproduksi di Bavaria yaitu Fränkische Bratwurst, Coburger Bratwurst, Nürnberger Rostbratwurst dan Weißwurst. Jadi tidak heran jika hampir setiap restoran di Jerman pasti menyediakan menu sosis yang ukurannya super besar.

Fränkische Bratwurst atau sosis Franconian merupakan salah satu jenis sosis yang sangat terkenal di wilayah utara Bavaria. Sosis ini biasanya dimasak dengan dipanggang yang sebelumnya direbus dengan cuka dan bawang bombay. Metode merebus ini disebut Blaue Zipfel. Ukuran sosis ini adalah enam inci dan biasanya disajikan bersama dengan kentang Jerman dan salad. 

Rasanya sangat lezat karena disajikan juga dengan roti yang baru saja selesai dipanggang dan bir. Coburger Bratwurst, berasal dari kota abad pertengahan yaitu Coburg. Sosis ini terbuat dari kombinasi daging babi dengan 15% daging sapi. Sosis ini ukurannya lebih panjang yaitu sekitar 10 inch. 

Baca juga:   Teh Po Cha, Sarapan Sekaligus Kunci Kekebalan Tubuh Masyarakat Tibet

Nürnberger Rostbratwurst, adalah jenis sosis yang ukurannya lebih kecil dan biasanya dipotong baru dipanggang. Pada satu piring sajian, biasanya berisi 6 hingga 12 sosis yang dihidangkan bersama kubis atau pretzel. Cara menyajikan lainnya adalah dengan menggulung tiga buah sosis ke dalam kubis yang juga ditambah mustard. 

Sosis ini adalah yang paling banyak ditemui dan sudah tersebar ke seluruh dunia. Panjangnya hanya sekitar 3 inci.  Weißwurst, merupakan sosi putih yang terbuat dari daging sapi muda dan bacon cincang. Dulunya Weißwurst hanya bisa dikonsumsi saat brunch, namun kini kapan saja masyarakat Jerman dan wisatawan bisa menikmatinya dengan segelas bir. 

Schnitzel Bavaria

Chicken schnitzel Jerman
Chnitzel khas Jerman / Foto : Shutterstock

Apalagi yang makanan Jerman yang terkenal di Bavaria? Schnitzel Bavaria. Schnitzel adalah jenis makanan yang sangat lazim di Amerika. Schnitzel di Amerika dikenal sebagai daging yang empuk dan tipis dengan lapisan tepung panko kemudian di goreng. 

Namun berbeda dengan Schnitzel di Bavaria, yaitu terbuat dari daging babi atau sapi muda dan disajikan dengan berbagai macam cara. Mulai dari disajikan dengan roti dan lemon yang dikenal sebagai Wiener Art. Bisa juga disajikan dengan jamur dan paprika yang disebut Jäger Art

Keju Bavaria

Keju dari Jerman
Macam-macam keju Jerman / Foto : Shutterstock

Bagian selatan Bavaria tepatnya di wilayah Allgäu terkenal dengan sapi perahnya. Karena produksi susu sapi yang tinggi, maka disinilah lahir berbagai macam jenis keju. Salah satu perusahaan keju terbesar yang terkenal adalah Käserei Champignon di Heising. Macam-macam keju yang diproduksi adalah keju Cambozola, Champignon Mushroom dan Limburger. 

Tempat spesialis lainnya adalah Alpenhain yang dibuka di bawah kaki pegunungan Alpen sejak tahun 1905. Keju yang terkenal produksinya adalah camembert dan Brie. 

Obatzda adalah hidangan tradisional dengan keju dari Jerman. Terbuat dari keju camembert yang dicampur dengan keju lainnya dan bawang bombay serat bumbu rempah. Penyajiannya biasanya bersama dengan pretzel atau roti gandum. Disajikan pada saat pesta BBQ. 

Masyarakat jerman tercatat menghabiskan konsumsi keju sebanyak 775 oz per tahunnya. Sebagian besar keju tersebut berasal dari Bavaria. Ada 400 jenis keju yang diproduksi dengan lebih dari 1.000 rasa. Semua keju inipun diekspor ke wilayah Amerika dan Kanada. 

Bir Bavaria 

Acara oktoberfst
Suasana Festival Oktoberfest Jerman / Foto : Shutterstock

Minuman khas Jerman yang sangat terkenal di dunia adalah bir. Pada tahun 2014 saja konsumsi bir di Jerman mencapai 14.7 liter rata-rata. Pada tahun 2006 Bavaria masuk ke dalam daftar tempat pemroduksi bir sebanyak 618. 

Banyak bir yang terkenal dari Bavaria diekspor ke Amerika. Beberapa merk ini adalah Schneider, Ayinger, Tucher, Paulaner, dll. Bavaria sangat suka dengan produksi beer, bahkan salah satu kota yang bernama Aufseß menjadi tempat produksi yang terbesar di dunia. 

Karena kecintaannya terhadap beer, kota Munich di Bavaria menyelenggarakan festival bir terkenal setahun sekali yaitu Oktoberfest. Festival yang diadakan antara bulan September hingga Oktober ini selalu dikunjungi oleh wisatawan asing dan sangat ramai. 

Pada saat festival berlangsung, semua pengunjung dapat membeli bir lokal maupun bir yang sudah terkenal. Festival ini pun tidak pernah lewat diselenggarakan setiap tahun. 

Baca juga:   Makanan Khas Sunda dengan Cita Rasa Ringan dan Sederhana