rempah Indonesia

Daya tahan tubuh menjadi perisai yang sangat penting untuk mencegah semua jenis virus yang datang. Jika daya tahan tubuhmu baik maka tak perlu takut dengan virus Corona yang sedang mewabah di seluruh dunia ini. Ada banyak cara loh yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Caranya mudahnya yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat. Kamu perlu berolahraga setiap hari dan konsumsi makanan bergizi seperti sayuran hingga buah-buahan. Pastikan asupan gizi tetap cukup. Satu lagi yang bisa menjadi tambahan yaitu mengkonsumsi rempah-rempah. 

Untungnya Indonesia terkenal dengan negara penghasil rempah-rempah. Semua jenis rempah hampir tersedia dan dijual dengan harga yang sangat murah. Rempah ini diolah menjadi minuman herbal atau jamu yang diminum secara rutin. Kamu bisa menyimpan rempah-rempah di rumah, karena bahan ini termasuk awet untuk disimpan.

Rempah-Rempah di Indonesia yang Mampu Cegah Virus Corona

rempah Indonesia
Foto : Shutterstock

Mengkonsumsi lebih banyak rempah sudah dilakukan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Jadi tak heran jika zaman orang tua dulu banyak yang memiliki umur panjang. Tak hanya berumur panjang, kondisi kesehatan pun juga bagus karena semua virus gagal untuk menyerang tubuh termasuk Corona. 

Apa saja jenis rempah-rempah dan manfaatnya yang harus mulai kamu konsumsi di kala virus Corona menyerang seperti sekarang? Inilah macam-macamnya. 

Jahe

jahe rempah
Jahe segar dan bubuk Foto : Shutterstock

Ditengah harga jahe yang meroket saat ini masyarakat tetap saja berbondong-bondong untuk membelinya di pasar. Jahe adalah rempah yang sangat terkenal untuk memberikan kehangatan pada tubuh. Pada saat tubuh terkena flu dan batuk, jahe sering dikonsumsi supaya cepat sembuh. Bukti lainnya, jahe menjadi salah satu kandungan dalam varian obat batuk. 

Kandungan antioksidan yang kuat di dalamnya mampu mengurangi peradangan yang terjadi saat kita sakit perut dan batuk. Ditambah lagi dengan kandungan Gingerol yaitu zat bioaktifnya akan menurunkan risiko infeksi. Semua pertumbuhan bakteri akan terhambat. Khasiat ini akan didapatkan dalam jahe segar. 

Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup rebus jahe segar di dalam air mendidih selama 5 hingga 10 menit. Minum dua atau tiga hari sekali jika kamu sedang tidak sakit. Jika flu sebaiknya konsumsi setiap hari. Bisa ditambahkan madu sebagai pemanis alami. 

Kayu Manis

kayu manis rempah
Kayu manis kering dan bubuk / Foto : Masterclass.com

Kayu manis sering digunakan sebagai bahan pewangi untuk aneka kue atau selai. Apa sih manfaat kayu manis? Pertama kandungan antioksidannya mampu menurunkan risiko terkena penyakit sama seperti jahe. 

Kedua, kayu manis memiliki kemampuan mencegah bakteri serat jamur bersarang pada tubuh. Beberapa bakteri yang dapat dicegah seperti E-colli, Slamonela hingga Stapyloccus. 

Ketiga mampu menyembuhkan luka terbuka seperti terjatuh supaya tidak terinfeksi lebih lanjut. Keempat memiliki sifat antibakteri yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut serta gigi yang rusak. 

Cara mengolahnya pun sangat mudah, cukup rebus beberapa batang kayu manis di air mendidih selama 5 menit. Kemudian saring dan diminum saat panas. Bisa juga digunakan sebagai campuran teh. 

Kunyit

Kunyit rempah
Kunyit segar dan bubuk Foto : Shutterstock

Jenis rempah-rempah di Indonesia yang selalu ditemukan di setiap satu plastik ‘’bumbu pawon’’ adalah kunyit. Di India, kunyit biasanya diolah menjadi bentuk bubuk dan selalu digunakan hampir di seluruh jenis masakan. Ada beberapa kandungan dalam kunyit yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca juga:   Hanya Modal Rice Cooker, Cobain Kelezatan Masakan Anak Kos Ini

Pertama, curcumin yaitu zat bioaktif yang dapat melawan peradangan di tingkat molekuler. Kedua, sifat detoksifikasinya dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga tak ada lagi penyakit yang bersarang. Ketiga antiinflamasi dan antioksidannya bisa mengatasi berbagai jenis penyakit seperti kardiovaskular, peradangan sendiri, kanker hingga aterosklerosis. 

Saat ini kunyit telah diolah menjadi lebih banyak macam, seperti kapsul sebagai suplemen dan juga jamu. Jika ingin membuatnya di rumah cukup tambahkan sebagai bumbu masakan atau meminum air rebusannya. 

Temulawak

Temulawak rempah
Temulawak segar / Foto : Sehatq.com

Temulawak sudah terkenal sebagai minuman untuk menambah stamina tubuh. Tak heran jika kamu akan menemukannya di dalam minuman-minuman berenergi. Sifat anti inflamasi dan anti peradangannya akan meningkatkan daya tahan tubuh yang melemah. 

Cara temulawak untuk bisa menyegarkan tubuh adalah dengan mendetoksifikasi tubuh. Detoksifikasi dilakukan melalui hati yang memiliki fungsi menyerap racun dari semua jenis asupan makanan yang masuk. Temulawak akan berfungsi melindungi hati dari semua senyawa berbahaya. 

Selain itu juga membantu ginjal dalam menyaring semua racun yang masuk. Ditambah lagi tubuh akan kebal dari segala virus serta infeksi karena bersifat antibakteri dan anti jamur. 

Kencur

Kencur rempah
Kencur segar Foto : Indoindians.com

Jenis rempah yang tak kalah pentingnya adalah kencur. Walaupun sedikit sulit dicari dan harganya sedikit mahal kamu tak boleh melewatkannya. Daya tahan tubuh akan meningkat karena sifat anti peradangan yang ada di dalam kencur. Kencur yang digunakan dalam jamu beras kencur, memiliki banyak kandungan berkhasiat. 

Seperti kamfer, etil alkohol, sineol, minyak atsiri, borneol dan semua itu akan membantu menghilangkan lendir saat flu melanda. Juga mampu mengatasi radang tenggorokan dikala batuk.

Dalam fungsi lainnya, kencur memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membunuh semua bakteri dalam pencernaan. Jika kamu sedang diare sebaiknya konsumsi kencur untuk menghilangkan semua bakterinya. 

Di antara lima jenis rempah-rempah ini, manakah yang sudah kamu sediakan di rumah? Karena berkembangnya virus Corona sangat cepat maka sebaiknya konsumsi rempah ini secara rutin agar badan tetap sehat.