7 Makanan Khas Ambon Serba Ikan yang Bikin Kangen

Makanan khas Ambon terkenal dengan bahan utamanya yaitu ikan. Mulai dari masakkan seperti ikan kuah kuning sampai kue Namu Namu. Mana masakan ikan yang kamu sukai?

Provinsi Maluku terkenal dengan keindahan wisata lautnya dan Ambon adalah ibu kotanya. Beragam makanan khas Ambon memiliki ciri khas utama yaitu selalu menggunakan ikan. Hal ini sangat lumrah mengingat sumber daya laut yang sangat melimpah. 

Bagi pecinta kuliner ikan, kamu pasti tak mau dong ketinggalan makanan khas dari Ambon serba ikan ini. Apa saja kulinernya, yuk intip di sini. 

Daftar Makanan Khas Ambon yang Menggunakan Ikan 

Ikan adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh kuliner Ambon. Hampir semua masakan daerahnya menggunakan ikan. Mengkonsumsi ikan dalam jumlah banyak sangat baik bagi kesehatan tubuh khususnya otak. 

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan mengandung omega 3 yang sangat tinggi bagus untuk otak manusia. Apalagi di Ambon ada begitu banyak jenis makanan berbahan utama ikan yang membuat kamu tidak akan bosan menyantapnya setiap hari. 

Bumbu dasar yang digunakan pun mudah didapatkan, jadi jika kamu ingin mencoba membuat di rumah tidak akan kesulitan. Berikut ini makanan khas Ambon serba ikan yang bisa kamu cicipi. 

1. Kohu-Kohu

Kohu Kohu makanan khas Ambon mirip urap tapi menggunakan ikan.
Kohu-Kohu / Foto: CNN Indonesia

Melihat kuliner ini kamu pasti tidak asing lagi dan tampilannya mirip dengan urap seperti di Jawa. Tapi yang berbeda dari makanan khas Ambon adalah tambahan ikan di dalamnya. 

Sama seperti urap, bahan sayur seperti tauge, daun kemangi, kacang panjang, timun dicampur menjadi satu. Ada juga parutan kelapa yang sudah dibumbui terlebih dahulu untuk menambahkan rasa. 

Bahan tambahan yaitu ikan membuat Kohu Kohu ini berbeda dengan urap. Jenis ikan yang digunakan seperti ikan teri basah, ikan tongkol yang dikukus dan juga ikan pindang. Semua jenis ikan tersebut tidak ada yang digoreng sama sekali. 

Kemudian yang diambil hanya daging ikannya saja dan disuwir kemudian dicampur dengan semua sayuran dan bumbu. Tambahan jeruk nipis membuat makanan khas Ambon ini jadi terasa lebih segar. 

2. Ikan Kuah Kuning dan Papeda

Kuliner yang satu ini sangat terkenal yaitu ikan kuah kuning kamu pasti sudah pernah memasaknya di rumah. Jenis ikan yang dimasak kebanyakan adalah ikan kakap yang memiliki daging tebal dan rasa kuning. 

Rempah yang digunakan pun sangat simpel seperti daun jeruk, daun salam, lengkuas, bawang merah dan tak lupa kunyit. Ada juga yang mengganti ikan kakap dengan ikan tongkol. 

Ikan kuah kuning nikmat disantap dengan papeda Ambon yang jadi makanan pengganti nasi. Makanan khas Ambon Papeda tidak memiliki rasa manis seperti nasi, tampi lebih hambar dan hanya bisa dimakan menggunakan sumpit. 

Papeda, makanan yang terbuat dari sagu ini sangat lengket dan hambar tapi akan berubah jadi nikmat ketika dikonsumsi dengan kuah kuning. 

3. Gogos

Mirip dengan lemper yang ada di tanah Jawa, Gogos adalah versi yang dibuat di Ambon. Tentu saja ikan adalah bahan isian di dalamnya. Kuliner ini termasuk kudapan yang disantap bersama dengan kopi khas Ambon. 

Gogos sangat mudah ditemukan di Ambon dan kebanyakan tempat ngopi menjualnya. Bentuknya mirip dengan lemper di mana ikan dibungkus dengan beras ketan yang sudah dimasak dengan santan. 

Jenis ikan yang digunakan adalah ikan cakalang, menggantikan isian ayam dari lemper. Dibungkus dengan daun pisang, sebelum disajikan Gogos dibakar terlebih dahulu sehingga muncul aroma terbakar. 

4. Ikan Asar dan Sambal Colo-Colo

Belum ke Ambon jika tidak mencicipi ikan Asar dan sambal Colo Colonya. Disebut juga dengan ikan Komu Asar, ikan ini adalah jenis ikan yang diasapi. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan tuna, cakalang atau tongkol. 

Proses pengasapannya menggunakan daun pisang, ikan terlebih dahulu dirangkai dengan ditusuk menggunakan bambu. Kemudian pengasapan dilakukan selama satu jam. Nantinya ikan akan menjadi kering dan lebih awet yang bisa bertahan sampai 3 harian. 

Nah untuk mengkonsumsinya, ikan Asar disantap dengan sambal Colo Colo. Sambal tradisional khas Ambon ini berbeda dengan sambal yang ada di Jawa dan miro dengan sambal matah di Bali. 

Bahan yang digunakan sangat fresh seperti daun kemangi, cabai dan juga jeruk nipis yang hanya diiris saja. Ada juga yang menambahkannya dengan kecap agar terasa sedikit manis. Perpaduan dua makanan khas Ambon dijamin bikin kamu ketagihan. 

5. Ikan Kuah Pala

Ingin makanan khas Ambon saat hujan berkuah yang hangat? Kamu bisa mencoba ikan kuah pala. Hidangan ini menggunakan bahan dasar ikan kakap dengan rasa pedas yang khas. 

Rasa pedasnya bukan dihasilkan dari cabai atau merica melainkan buah pala. Jika di Jawa kebanyakan buah pala dijadikan manisan, di Ambon justru menjadi bahan masakan.

Masyarakat Ambon mengetahui hidangan ini adalah kuliner para penjajah Belanda. Rasanya memang lebih mewah karena bukan hanya buah Pala saja yang digunakan tetapi juga berbagai rempah lainnya. 

Mencerminkan rasanya, warna kuahnya sendiri kemerahan dan disajikan bersama dengan sambal bakasang. 

6. Kue Namu Namu

Tak hanya masakan saja jajanan di Ambon juga menggunakan bahan ikan contohnya seperti Gogos tadi. Hanya saja kue yang satu ini mirip dengan Panada dari Manado. 

Dilihat dari bentuknya, Namu Namu sangat mirip dengan Panada hanya saja ukurannya yang lebih mini. Nama Namu Namu sendiri dikarenakan kudapan ini mirip dengan buah Namu Namu di Ambon yang sudah langka. 

Makanan khas Ambon ini menggunakan ikan Cakalang yang sudah diolah dengan rasa pedas. Dibungkus dengan kulit berbahan roti dan digoreng, makanan ini dijual dengan harga murah. 

7. Nasi Kuning Ikan Cakalang

Nasi kuning memang jadi favorit bahkan tak hanya di Jawa tetapi juga di Kalimantan dan Ambon. Yang membedakannya adalah nasi kuning di Ambon menggunakan ikan Cakalang sebagai lauk utamanya. 

Disebut juga dengan nasi Begadang karena kebanyakan orang menjualnya tengah malam sampai pagi hari. Nasi kuning dibuat dengan bumbu rempah yang sama sedangkan lauknya lebih ke pilihan ikan. 

Ada yang menyajikannya dengan ikan cakalang ditambah dengan ikan teri. Ada juga yang memasak ikan dengan bumbu pedas. 

Semua makanan khas Ambon yang menggunakan ikan rata-rata diolah dengan bumbu pedas atau didampingi dengan sambal yang khas. Jadi sudahkah kamu mencicipi semua olahan makanannya? 

Terbaru

Artikel Terkait