Terkenal dengan rempahnya ada tujuh makanan khas Arab yang sangat mendunia. Mulai dari hidangan nasi dengan daging sampai bubur.

Makanan khas Timur Tengah terkenal dengan rasa rempah-rempahnya. Sebagian besar makanan khas Arab juga terkenal di dunia loh. Sayangnya cukup sulit untuk membuat cita rasa yang sama di Indonesia karena keterbatasan bumbu-bumbu yang digunakan. 

Apabila kamu mendapatkan kesempatan untuk pergi ke daerah Timur Tengah seperti UEA atau Arab Saudi maka kamu harus mencoba beberapa makanan ini. Apa saja makanannya? Yuk ikut terus. 

Makanan Khas Arab yang Terkenal di Dunia

Ciri khas dari makanan khas Arab adalah memiliki rasa pedas dari rempah-rempahnya. Beberapa bumbu seperti bubuk sumac yang berwarna merah atau Isot yang digunakan dalam membumbui sayuran tentu sulit didapatkan di Indonesia. 

Rasa pedas dari rempah-rempah ini bisa menciptakan kehangatan pada tubuh. Jadi cocok bagi kamu yang sedang meriang untuk mengkonsumsinya. Rasa pedas sendiri sangat disukai oleh banyak orang di dunia. 

Bagi kamu pecinta makanan berempah pasti tak mau melewatkan beberapa makanan khas Arab berikut ini. 

Nasi Kabsa

nasi kabsa salah satu jenis makanan khas arab yang kaya rempah
Nasi Kabsa Ayam / Foto: Shutterstock

Sama seperti Indonesia, masyarakat Arab juga mengkonsumsi nasi. Hanya saja jenis nasi yang mereka berbeda jenisnya. Nasi kabsa adalah jenis makanan yang menggunakan nasi berbentuk panjang khas Arab. 

Nasi ini kaya akan serat sehingga rasanya tidak manis seperti nasi di Indonesia. Selain itu nasi dimasak dengan bumbu rempah sehingga sudah memiliki rasa. Mirip dengan nasi kebuli dan cara memasaknya dibarengi dengan daging kambing. 

Hummus

Makanan khas Arab yang satu ini memang terdengar di telinga orang Indonesia artinya berbeda. Tapi makanan ini bukanlah humus atau tanah subur yang seperti ada di Indonesia lho. Hummus adalah makanan yang terbuat dari teping roti dan kacang yang dihaluskan. 

Bentuknya memang seperti bubur karena biasanya dimakan bersama dengan kentang atau roti. Hummus dijadikan saus pelengkap yang wajib pada. Rempah yang digunakan seperti minyak zaitun, bawang putih, garam dan juga air lemon. 

Muttabaq

Tahukah kamu asal usul martabak? Ya, makanan ini ternyata berasal dari Arab Saudi, di Indonesia dikenal dengan martabak. Hidangan ini sampai ke Indonesia berkat para pedagang Arab yang singgah. 

Mutabbaq pun mengalami perubahan cita rasa yang sesuai dengan lidah Indonesia. Bentuknya sama persis dengan martabak yang sekarang kita kenal dan isinya juga daging. 

Falafel

Walaupun rasanya tidak pedas, makanan khas Arab Saudi ini dimakan tidak bersama nasi tetapi dengan roti gandum atau pita. Istilah lain dari Falafel adalah deep fried ball yang terbuat dari kacang tanah serta rempah-rempah. 

Shawarma

Kamu pasti mengenal kebab, di Arab juga ada jenis kebab yang disebut dengan Shawarma. Makanan khas Arab banyak dijual di pinggir jalan di mana daging kebab yang dipanggang dijadikan isiannya. 

Terdapat sayuran seperti tomat, bawang bombay dan juga selada. Kulitnya menggunakan tortilla dan terdapat saus racikan khusus yang menggantikan mayones. 

 Haress

Saat bulan Ramadhan tiba, masyarakat Arab pasti akan menyajikan Jaresh atau Hareesh. Hidangan khusus bulan Ramadhan ini terbuat dari gandum kasar dan dimasak bersama dengan daging. 

Baca juga:   Terkenal Kota Kuliner, Apa Makanan Khas Solo yang Belum Kamu Coba?

Tampilan dari hidangan ini cukup sederhana dan pada bagian atasnya hanya ditaburi dengan daun peterseli saja. 

Saleeg

Arab Saudi juga mengenal bubur, di sana disebut dengan Saleeg. Kaldu yang digunakan untuk memasak biasanya dari ayam atau kambing. Bedanya nasi kemudian dimasak dengan susu sehingga warnanya sangat putih. 

Berasnya sendiri berasal dari Mesir, setelah matang tekstur dari Saleeg seperti Risotto. Walaupun berwarna putih namun Saleeg kaya akan rempah seperti jahe dan bawang putih. 

Rekomendasi Restoran Makanan Arab di Jakarta

Penasaran dengan rasa ketujuh makanan tersebut? Adakah restoran makanan Arab di Jakarta?  Tentu saja ada. Kamu yang ingin mencicipi makanan Arab yang mendunia bisa mengunjungi beberapa restoran berikut ini. 

Abunawas Resto

Berada di Jalan Matraman Raya, restoran satu ini menyajikan makanan otentik Arab dengan begitu banyak menu. Olahan daging kambing yang dimasak tidak terasa bau prengus sama sekali namun sangat kental dengan aroma rempahnya. 

Di sini kamu bisa mendapatkan menu makanan seperti Hummus dan juga Kebab. Ada juga nasi Briyani yang diolah dengan daging. 

Hadramiah Restaurant

Apabila kamu pergi ke Jakarta Timur tepatnya di Matraman, kamu akan menemukan restoran Hadramiah. Semua makanannya khas Timur Tengah jadi kamu bisa mendapatkan makanan khas Arab di sini. 

Menu seperti nasi Kabsah, nasi Briyani hingga Shawarma semuanya tersedia. Bahkan restoran ini juga menyediakan paket untuk kamu yang berencana mengadakan acara. Tak ada salahnya mencoba menu makanan Arab untuk acara besar nanti. 

Hadramout Restaurant

Ada di daerah Menteng, kamu bisa menemukan restoran ini yang menyediakan nasi Kabsah dengan pilihan daging ayam atau kambing. Di sini banyak menu spesial restoran yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. 

Selalu ramai pengunjung, untuk bisa mendapatkan tempat lebih baik kamu reservasi terlebih dahulu ya. 

Semua makanan khas Arab kini bisa kamu nikmati langsung di Indonesia. Karena sebagian besar restorannya dimiliki oleh orang Arab sendiri jadi rasa yang otentik bisa kamu dapatkan.