Makanan Khas Kulon Progo dari Jajanan Sampai yang Bikin Kenyang

Sedang pergi ke pantai Glagah atau hutan Mangrove di Kulon Progo? Jangan lupa cicipi makanan khas Kulon Progo yang nikmat dan lezat ini.

Nama Kulon Progo santer terdengar setelah pemerintah membangun bandara baru di Yogyakarta. Sambil pergi ke bandara baru atau baru saja menjemput tamu, kamu bisa mencoba makanan khas Kulon Progo. 

Kamu bisa mampir ke toko oleh-oleh atau langsung saja mencicipi kulinernya yang mengenyangkan. Tempat wisata di kulon Progo juga tidak sedikit, walaupun masih banyak yang belum tahu. Seperti kebun teh, hutan Mangrove, wisata gua hingga air terjun. 

Pokoknya jika kamu ingin berwisata alam dan wisata kuliner, Kulon Progo jadi salah satu destinasi yang tak kalah menariknya dari Gunung Kidul. 

Aneka Macam Makanan Khas Kulon Progo 

Growol kulon progo
Growol/ Foto: Shutterstock

Mau jajanan hingga makanan berat semuanya ada. Kamu tinggal pilih saja mana makanan yang ingin dicoba. Semuanya pun dibanderol dengan harga sangat murah. Penasaran mana dulu nih makanan yang mau kamu coba? Yuk simak daftarnya. 

1. Geblek 

Jajanan yang rasanya kenyal dan juga gurih, itulah geblek. Panganan tradisional ini terbuat dari ketela pohon. Bentuknya sangat unik yaitu berbentuk untaian dengan lubang di bagian tengahnya. 

Biasanya geblek Kulon Progo dijual dalam keadaan mentah dan kamu bisa menggorengnya sendiri di rumah. Ketika menggoreng pastikan bahwa minyak sudah panas agar geblek bisa mengembang. 

Warga Kulon Progo biasa menikmati geblek dengan tempe benguk. 

2. Besengek

Menjadi teman makan geblek, yaitu olahan tempe yang cukup berbeda dan lebih dikenal dengan nama tempe benguk. Sama seperti geblek, kamu bisa menemukan makanan khas ini di pinggiran jalan. 

Tempe dimasak dengan santan kental, warnanya pun kehitaman. Walaupun penampilannya agak sedikit aneh tapi rasanya sangat gurih. 

3. Growol

Daerah Kulon Progo juga terkenal dengan makanan yang terbuat dari singkong, salah satunya adalah growol. Makanan tanpa bahan pengawet ini bisa tahan hingga tiga hari karena proses memasak yang cukup lama. 

Singkong direndam selama 3 hari baru dimasak dengan dikukus sehingga membuatnya benar-benar matang. Dijual kiloan, masyarakat Kulon Progo menjadikannya makanan pengganti nasi. Teksturnya lebih lembut dan biasa dimakan dengan parutan kelapa. 

4. Peyek Undur-Undur

Kalau di Bantul terkenal dengan peyek Mbok Tumpuk, Kulon Progo sedikit berbeda yaitu dari bahan Undur-Undur. Makanan khas Kulon Progo yang sangat renyah ini banyak sekali dijajakan di pinggir pantai seperti pantai Glagah. 

Undur-Undur adalah salah satu hewan laut yang banyak ditemukan di pinggir pantai Kulon Progo. Warga sekitar pun mengolahnya menjadi peyek, dicampur dengan adonan tepung beras dan air sehingga teksturnya sangat renyah dengan rasa gurih. 

5. Soto Bathok

Bagaimana rasa nikmat soto bathok? Soto yang biasanya dihidangkan di dalam mangkuk keramik kini disajikan dengan batok kelapa. Di kota Kulon Progo ada banyak warung soto bathok yang bisa ditemui. 

Penyajiannya di atas batok kelapa inilah yang membuatnya unik. Menggunakan daging ayam dan daging sapi. Segarnya kuah soto tambah nikmat dengan perasan jeruk nipis. Dijamin kamu bakalan nambah lebih dari satu porsi. 

Semua makanan khas Kulon Progo dari jajanan hingga mengenyangkan hanya bisa ditemui di tempatnya langsung. Tapi kalau kamu berencana pergi ke pantai Parangtritis atau Samas, bisa mencicipi makanan khas Bantul. Ada banyak juga pilihan yang tersedia. 

Terbaru

Artikel Terkait