Mengulik Nasi Kentut, Makanan Khas Medan yang Unik

Sudah pernah mencoba nasi kentut? Namanya memang unik tapi kamu akan menemukan rasa yang luar biasa. Tak ada bau kentut sama sekali lho.

Nasi kentut, pertama kali mendengar nama yang nyeleneh ini kamu pasti tak percaya bahwa ini merupakan salah satu makanan khas Medan. Jika biasanya kamu memilih makanan khas Medan Bika Ambon, bolu Meranti, Soto Medan kali ini kamu harus coba yang unik. 

Hidangan aslinya bisa kamu temukan di Jalan Wahidin Nomor 24 Medan. Di sini kamu akan menemukan penjual nasi kentut dengan harga 15 ribu dan cukup ramai. Seperti apa rasa dari nasi kentut ini?

Asal Usul Nasi Kentut

Nama dari makanan khas Medan yang satu ini berawal dari daun kentut. Bagi kamu yang tinggal di Jawa pasti familiar dengan nama daun sembukan. Nama ilmiahnya adalah Paederia Foetida yang merupakan tanaman liar sering ditanam pada pagar rumah. 

Sesuai namanya, daun kentut memiliki aroma yang mirip dengan kentut. Hanya saja ketika dimasak bersama dengan nasi aromanya akan berubah menjadi lebih sedap. 

Tanamannya sendiri berjenis merambat dengan ukuran daun yang tidak terlalu besar. Khasiat daun kentut sendiri sangat banyak seperti mengatasi masalah dalam saluran pencernaan khususnya lambung, usus dan perut kembung. 

Manfaat lainnya sebagai obat luar seperti untuk penyakit herpes, mata bengkak, dll. Tentu saja jika kamu mengkonsumsinya beragam khasiat akan didapatkan. Nah, jika kamu memakan nasi kentut ini, secara langsung khasiat dari daun kentut pun akan ikut masuk ke dalam tubuh. 

Tak heran, dulunya daun kentut menjadi obat tradisional oleh nenek moyang. Namun karena semakin banyak kreasi memasak, daun kentut menjadi salah satu bahan masakan. 

Penyajian Makanan Khas Medan, Nasi Kentut

Proses memasak nasi kentut hampir mirip dengan nasi kuning, nasi liwet atau nasi bunga telang. Warna nasi akan berubah sedikit kehijauan karena daun kentut. Cara memasaknya adalah dengan beras dicuci kemudian dicampur dengan rempah khusus. 

Nasi dikukus setelah dibungkus dengan daun kentut sampai matang. Saat dibuka aromanya sangat berbeda dari daun kentut karena menjadi lebih sedap. Aroma inilah yang menjadi daya tarik utama dari nasi kentut. 

Penyajian dari nasi kentut ini lengkap dengan aneka lauk dan juga sayuran. Biasanya masyarakat akan menambahkan makanan khas Medan lain seperti ikan pepes, ayam goreng, tahu dan tempe. 

Nasi kentut menjadi lebih sedap dengan adanya tambahan sambal pedas. Walaupun sederhana, nasi kentut menjadi makanan yang sering menjadi menu laris di rumah makan. Sebagai pelengkapnya biasanya nasi kentut akan dihidangkan bersama es buah blackberry. 

Sudah murah enak pula, makanan khas Medan halal dijamin akan membuat kangen kamu yang pernah mencobanya. Jangan takut dengan aroma kentut karena kamu tak akan menemukannya sama sekali di sini. 

Jadi saat berkunjung ke Medan jangan lupa untuk mencicipi menu khas ini ya. 

Terbaru

Artikel Terkait