masakan anak kos
Foto : Shutterstock

Menjadi anak kos bukan berarti kamu kesulitan untuk bisa memasak sendiri. Memasak tidak selalu bergantung dengan kompor, jika kamu menyewa kamar kos yang tidak memiliki dapur maka bukan masalah. Ada banyak masakan anak kos yang bisa dibuat hanya bermodalkan rice cooker. Yup, alat yang satu ini memang benar-benar ajaib bukan cuma untuk menanak dan menghangatkan nasi saja. 

Rice cooker memiliki berbagai macam fungsi walaupun pada buku petunjuk yang kamu dapatkan ketika pertama kali beli tidak ada anjuran pemakaian lainnya, tapi bukan berarti tak bisa dicoba. Benar saja, rice cooker memiliki fungsi untuk memanaskan menggunakan sumber listrik. Panas yang keluar bisa difungsikan untuk menggoreng bahkan merebus. 

Aneka Masakan Anak Kos Rice Cooker 

nasi goreng
Masakan rice cooker nasi goreng. / Foto : Shutterstock

Berapa sih harga rice cooker? Jika dilihat dari ukuran yang paling kecil kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 200 ribuan. Ada juga yang mahal harga 500 ribuan yang ukurannya lebih besar 2 liter dan dilengkapi dengan menu memasak bubur, kue, dll. Tapi sebagai anak kos rugi dong mengeluarkan uang 500 ribu padahal yang harga 200 ribu dengan fungsi sama saja ada.

Lalu masakan anak kos apa saja yang bisa kamu buat sendiri dengan rice cooker? Yuk coba buat beberapa menu masakan berikut ini. 

Nasi Goreng

Siapa sih yang tidak suka nasi goreng? Kamu tak perlu pergi ke warung untuk bisa membelinya. Cukup memasak nasi goreng dengan rice cooker di dalam kamar kos. Caranya siapkan bahan-bahan nasi goreng seperti nasi putih yang dingin, kamu bisa menggunakan nasi sisa kemarin. Untuk bumbunya kamu bisa membeli bumbu nasi goreng instan, kemudian bawang putih yang sudah dihaluskan. 

Cara memasaknya, panaskan sedikit minyak goreng di dalam rice cooker kemudian tumis bawang putih hingga harum. Masukkan nasi putih dan bumbu nasi goreng aduk terus sampai tercampur merata dan matang. Bisa juga ditambahkan sayuran atau kornet supaya rasanya lebih endess. 

Sup Sayur atau Ayam

sup ayam
Masakan rice cooker sup ayam. / Foto : Shutterstock

Dikala flu pastinya kamu malas untuk keluar kamar dan ingin makan makanan berkuah panas dan hangat. Kamu bisa membuat sup sayur atau sup ayam yang juga baik untuk meningkatkan imun saat sedang flu. Cara memasaknya potong dadu bawang bombay dan cincang bawang putih. 

Tumis semua bawang hingga harum di dalam rice cooker, masukan daging ayam yang sudah dipotong dadu dan tumis kembali hingga matang. Terakhir tambahkan sayuran seperti wortel dan jagung lalu tambahkan air, garam dan gula lalu tutup rice cooker. Tunggu hingga matang sekitar 15 menit supaya semua bahan sudah empuk. Jika sudah matang dan sisa, matikan rice cooker supaya air sup tidak habis, jika ingin dikonsumsi kembali panaskan dengan nyalakan rice cooker kembali. 

Nasi Ayam Hainan

ayam hainan
Masakan rice cooker ayam hainan. / Foto : Shutterstock

Ingin masakan anak kos dengan cita rasa oriental? Kamu bisa membuat nasi ayam hainan. Saat ini juga sudah ada bumbu instan nasi hainan yang bisa kamu beli tanpa harus memotong bawang. Pertama rebus ayam di dalam rice cooker, kemudian angkat ayam dan masukan beras yang sudah dicuci bersih. Masukkan bumbu instan nasi ayam hainan dan aduk merata. 

Baca juga:   Andaliman, Si Bumbu Rahasia Kuliner Sumatera Utara

Letakkan rebusan ayam di bagian atas beras dan tutup, masak hingga matang. Jangan lupa untuk beberapa kali mengaduk nasi supaya nasi dapat matang merata. 

Frittata

Dari masakan anak kos yang oriental, kamu juga perlu mencoba makanan Italia yaitu fritata. Biasanya frittata dimasak dengan menggoreng kemudian dipanggang, kini kamu cukup memanaskan rice cooker saja. Pada dasarnya frittata adalah makanan yang berbahan utama telur dan dicampur dengan berbagai macam sayuran. Seperti kacang polong, bayam, jagung hingga jamur. 

Cara memasaknya kocok tiga hingga empat telur, tambahkan garam dan lada. Kamu juga bisa menambahkan keju parut untuk menambah rasa gurih. Masukkan sayuran yang sudah dicincang ke dalam kocokkan telur. Masak ke dalam rice cooker hingga matang. 

Brownies

Kue adalah makanan anak kos yang awet cara memasaknnya pun sangat mudah. Tak perlu mixer atau alat baking mahal lainnya. Kamu bisa membeli brownies instan yang dimasak hanya dengan dicampur saja. Untuk melelehkan margarin sebagai campuran adonan brownies kamu bisa memanaskan rice cooker. 

Cukup campurkan semua bahan yang tertera pada kemasan brownies instan kemudian masukkan ke dalam rice cooker. Masak sampai matang, rasanya tak kalah enak dengan brownies panggang atau kukus yang dijual di toko. 

Hanya dengan rice cooker, ada berbagai macam makanan enak untuk anak kos yang bisa kamu coba sekarang juga. Mari memasak.