Makanan khas India
Macam-macam makanan khas India. / Foto : Shutterstock

Republik India adalah negara terbesar di seluruh Asia setelah Cina. Total area dari negara ini adalah 3,3 juta square kilometer. Berbagai wilayah di India memiliki masalah seperti tanah yang rusak, kekurangan dan polusi terhadap air. Hampir 70% air di India mengalami masalah polusi. Bagaimana India memiliki jenis makanan berbagai dilihat dari banyaknya masalah akan kekeringan dan polusi air?

Masakan India telah memiliki sejarah yang panjang lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Agama Hindu dan Islam menjadi agama yang mendominasi dan memiliki pengaruh besar. Baik dalam kebudayaan dan cara memasak yang kini banyak dikenal. Orang India yang beragama Hindu terkenal sebagai vegetarian sedangkan orang muslim memiliki tradisi memasak daging. 

Hampir di setiap hari libur, India mengadakan banyak acara besar. Salah satu acara terbesar adalah festival Diwali yang diadakan pada bulan Oktober-November. Tanggal tepatnya bervariasi tergantung dengan kalender. Festival ini diadakan oleh berbagai macam suku dan agama. 

Pada saat festival Diwali diadakan, warisan kebudayaan yaitu Mughal memperlihatkan seni kuliner yang sangat menggugah. Banyak sekali koko yang mempersiapkan makanan lezat yang dapat dilihat, dicium dan disentuh. Makanan Mughal biasanya menggunakan bahan utama daging, namun untuk vegetarian menggantinya dengan bumbu dan kacang. 

Manisan India
Manisan India / Foto : Shutterstock

Banyak makanan manis yang dihidangkan seperti ladhu dan barfi. Bahan-bahan yang digunakan adalah besan, panee, air mawar, almond dan gula. Selain Diwali ada juga festival Holi yang dimulai pada bulan Juli. Pada saat acara ini minuman yang disajikan adalah bhang atau yoghurt. 

Setelah festival selesai, orang India beramai-ramai mengkonsumsi halwa yaitu makanan manis yang terbuat dari tepung beras, butter dan gula. Selama festival diadakan, akan ada banyak acara makan besar dengan musik.

Kebudayaan Makan Orang India

Masyarakat India hanya mengkonsumsi sedikit porsi makanan sehari namun sering. Kebanyakan keluarga akan memulai hari dengan berdoa kemudian makan ringan dan chai (teh India) serta snack yang berasa asin. Sarapan biasanya dimulai beberapa jam kemudian, yang dihidangkan adalah  makanan India Parata. Paratha adalah roti bulat yang datar, biasanya diisi dengan kentang goreng berbumbu kari. 

paratha India
Makanan paratha India / Foto : Shutterstock

Menu sarapan yang juga populer adalah halwa atau uppma yang merupakan versi pedas dari halwa. Anak-anak atau remaja yang sekolah biasanya mengkonsumsi makan setelah sarapan dan sebelum makan siang. Hidangan yang dikonsumsi adalah jus pisang atau teh. 

Makan siang biasanya yang dihidangkan adalah dua jenis masakan sayuran, nasi dan chapati yang bentuknya seperti tortilla. Kebanyakan siswa akan membawa bekal makan siang sendiri dalam wadah yang disebut tiffins. Pada saat sore hari akan dihidangkan snack sekitar pukul 5 hingga 6 sore. 

Snack akan dihidangkan bersama dengan teh atau namkeen. Beberapa keluarga bahkan menyempatkan diri untuk mengunjungi restoran untuk membeli samosa atau bhel puri. Buah yang dihidangkan adalah mangga, anggur, melon. Makan malam akan dihidangkan agak terlambat dan menunya adalah dua hingga tiga jenis sayuran bersama dengan nasi dan chapati. 

Chapati India
Makan malam India. / Foto : Shutterstock

Pada malam harinya baik orang dewasa dan anak-anak selalu minum susu yang manis. Minuman ini akan diberikan sebelum tidur.

Baca juga:   8 Jenis Sambal Nusantara yang Dijamin Bikin Kamu Kepedesan

Esensi Rasa yang Muncul dalam Makanan Khas India

Aroma yang kuat dan rasa yang mendalam adalah ciri khas makanan khas India. Ditambah dengan bahan-bahan yang fresh akan memberikan warna menarik ketika dihidangkan. Makanan India juga memiliki peranan penting dalam memberikan anti-inflammatory phytonutrients. Fungsi ini dipengaruhi oleh kondisi tanah dan cuaca di India yang panas. Pengaruhnya orang India perlu makanan yang dapat mencegah inflammatory. 

Bagi orang yang belum pernah mencicipi hidangan khas India maka akan terasa aneh  khususnya untuk masakan. Jika ingin mencari oleh oleh makanan khas India sebaiknya pilihlah manisan yang memiliki rasa cukup dikenal lidah Indonesia. Tapi tidak ada salahnya juga untuk mencoba beberapa masakan India yang memiliki rasa sangat kuat. 

Apakah esensi masakan India yang begitu kuat aroma dan cita rasanya? Semua itu terdapat dalam bumbu-bumbu yang sering digunakan berikut ini. 

  • Cardamom
Bumbu Cardamom
Biji Cardamom India / Foto : Shutterstock

Cita rasa pedas manis dengan aroma memikat menjadi bumbu yang memberikan pengalaman hangat. Dikenal juga sebagai bumbu yang baik untuk pencernaan dan melawan infeksi. Didalamnya terdapat banyak antioksidan dan anti-inflammatory phytonutrients. Fungsi tersebut dikenal untuk melawan kanker dan meningkatkan peredaran darah. 

  • Ketumbar

Biji ketumbar banyak juga dikenal dalam masakan Jawa, memiliki aroma yang sangat harum. Rasanya sedikit asam seperti citrus dan berempah. Memiliki fungsi sebagai anti-inflammatory and anti bakteri. Sama baiknya untuk mengurangi efek kolesterol dan menurunkan gula darah. 

  • Garam Masala

Kumpulan berbagai macam bumbu biasanya adalah ketumbar, kunyit, lada hitam, cardamom, cengkeh, kayu manis, dan daun bay. Fungsinya adalah memberikan kehangatan dan warna cerah pada makanan. Bumbu ini sudah tersedia di banyak supermarket. 

  • Jinten

Jinten termasuk salah satu bumbu yang sangat disukai orang India. Bahan ini memiliki peranan penting dalam memasak kari India. Fungsinya untuk memberikan rasa bervariasi dan dimasak dalam kuah. Jinten dapat membantu menurunkan gula darah dan melancarkan pencernaan.

  • Mustard Seeds
mustard seed bumbu
Bumbu mustard seed / Foto : Shutterstock

Ketika masih berbentuk biji dan baru saja dibuka memiliki aroma yang sangat tajam. Ketika dimasak dengan minyak akan berbentuk seperti popcorn dengan rasa manis. Teksturnya seperti kacang dengan banyak efek proteksi baik untuk tubuh. Bahan ini kaya akan kandungan selenium yang meredakan asma. 

  • Kunyit

Warnanya yang sangat kuning dengan aroma sangat kuat, kunyit memiliki peran penting dalam berbagai macam jenis kari. Menambahkan rasa alami dan warna kuning cerah pada hidangan. Fungsinya adalah anti-inflammatory yang melawan kanker dan melindungi jantung. 

Ciri Khas Makanan India Sesuai Daerahnya

Makanan Khas India sangat berbeda dengan belahan dunia lainnya. Tidak hanya soal rasa tetapi juga teknik memasak. Hidangan mewujudkan campuran kebudayaan yang sudah ribuan tahun berlangsung dengan sempurna. Tidak heran jika setiap festival makanan menjadi kesempurnaan dalam kebersamaan. 

Semua makanan hingga camilan khas India terkenal dengan rasa pedas dan manis. Seluruh bagian negara mulai dari utara hingga selatan India memiliki cita rasa yang asli. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah makanan India selalu memberikan nutrisi yang berfungsi untuk pengobatan.

Baca juga:   Mitos-Mitos Makanan India yang Banyak Beredar. Benar atau Salah?

Hidangan di India Utara

Makanan India Utara bisa dilihat dari kota Kashmiri yang mencerminkan pengaruh Asia Tengah. Sebagian besar di kota ini memiliki hidangan utama dari beras karena banyaknya pertanian yang luas. Makanan lain yang dihidangkan adalah ‘Saag’ bersama dengan sayuran hijau yang dikenal sebagai ‘Hak’. 

Saag dan Hak India
Saag dan Hak dari India. / Foto : Shutterstock

Selain Kashmiri, makanan Punjab, Haryana dan Uttar Pradesh adalah chapatis. Masakan ini menggunakan bahan gandum, beras, maida, besan , dll. Makanan berbentuk roti yang dipanggang lainnya adalah Tandoori, Rimaali dan Naan. 

Hidangan di India Barat

Bagian barat India dikenal dengan banyak gurun sehingga mempengaruhi jenis makanannya. Rajasthan dan Gujarat adalah kota besar yang mewakili daerah barat dan mewakili makanan penutup di India. Berbagai macam makanan dals dan acar digunakan untuk menggantikan sayuran segar yang sulit tumbuh. 

Di kota Maharashtra makanan adalah campuran dengan cita rasa di utara. Masyarakat biasanya menggunakan nasi dan gandum. Sepanjang pinggir laut di Mumbai berbagai macam jenis ikan tersedia. Makanan seafood yang terkenal dari Mumbai adalah udang Bombay dan Pomfret.

Makanan India pomfret
Pomfret India / Foto : Shutterstock

Di wilayah Goa, jauh di selatan bagian barat akan banyak makanan yang telah dipengaruhi oleh hidangan Portugis. Makanan akan terasa manis dan asam seperti sorpotel, egg molie, Vindaloo dan duck baffad. 

Hidangan di India Timur

Di India Timur, gaya masak yang muncul adalah bengali dan Assam. Makanan orang Bengali lebih condong ke kombinasi antara nasi dan ikan karena mereka sangat suka berbagai jenis ikan. 

Ikan dan Nasi Bengali
Nasi Ikan khas India Timur / Foto : Shutterstock

Cara menghidangkan disini dikenal sebagai ‘Hilsa’ yaitu membungkus dengan daun labu baru memasaknya. Bahan unik yang tidak digunakan di wilayah India lain adalah rebung. Manisan juga dibuat disini dengan banyak susu seperti hidangan Roshogollas, Sandesh dan Cham-cham. 

Hidangan di India Selatan

Di bagian selatan banyak remah-remah yang digunakan dengan menu utamanya adalah ikan dan kelapa. Bagi orang Tamil Nadu, asam sering digunakan untuk memberikan tambahan rasa yang membedakan dengan masakan Tamil lainnya. Gayasa memasak dikenal sebagai Andhra Pradesh dengan banyak cabai demi meningkatkan rasa. 

Hidangan Tamil Nadu
Idlis, Dosas, Puttu / Foto : Shutterstock

Di Kerala hidangan lezat yang dibuat adalah daging domba, udang goreng Malabar, Idlis, Dosas. Puttu juga berasal dari India selatan untuk memberikan rasa manis.