Tak Hanya Lezat, Makanan Khas Korea Baik untuk Kesehatan

Makanan khas Korea tak hanya terkenal pedas, tapi juga sebagai obat untuk kesehatan tubuh. Apa saja bahan makanan dan makanan khas yang sehat?

Makanan Korea memiliki banyak fungsi untuk kesehatan yang sudah digunakan sejak berabad-abad lamanya. Makanan memberikan kesehatan seimbang bagi tubuh. Makanan dan obat biasanya dianggap sama satu sama lain. Makanan Korea telah memiliki sejarah panjang sejak 300 SM. Pada saat itu makanan masih besar pengaruhnya dari kebudayaan Cina dan juga pengobatannya. 

Menurut filosofi Taoist kesehatan adalah bentuk keseimbangan dan pemilihan makanan menjadi kunci utamanya. Tubuh yang sehat adalah memiliki Yin Yang dan lima elemen yang seimbang. Yin dan yang adalah kualitas energi yang menimbulkan lima elemen yaitu kayu, api, tanah, besi dan air. Selain itu juga memberikan lima warna harmoni yaitu hijau, merah, kuning, putih dan hitam. 

Pengaruh filosofi tersebut dapat dilihat dari makanan khas Korea yang tradisional memenuhi kelima warna tersebut. Kebanyakan diantaranya rendah kalori dan banyak sayuran. Modern ini, makanan sehat terdiri dari lima jenis dan buah serta sayuran. Semuanya direkomendasikan secara internasional yang asalnya juga dari filosofi tersebut. 

hidangan lima warna
Makanan lima warna khas Korea. / Foto : Shutterstock

Demi mendapatkan keseimbangan yin dan yang dalam tubuh, maka rasa makanan diimplementasikan dari lima elemen. Api mewakili rasa pahit, kayu mewakili rasa asam, air mewakili rasa asin. Metal adalah rasa api sedangkan tanah adalah rasa manis. Menurut penelitian secara ilmiah, kelima rasa tersebut berfungsi baik untuk organ tubuh. 

Rasa asin sangat baik untuk kesehatan hati dan empedu, pahit baik untuk jantung dan usus kecil. Makanan yang manis bagi untuk lambung dan pankreas, sedangkan makanan pedas baik untuk paru-paru dan usus besar. Rasa asin sangat baik untuk ginjal dan kandung kemih. 

Nilai Kebudayaan yang Terdapat dalam Makanan Khas Korea

Makanan khas di Korea sangat erat juga kaitannya dengan kebudayaan. Disamping filosofi makanan yang sehat untuk kesehatan, terdapat nilai khusus dalam makanan. Secara umum, makanan dibagi menjadi lima nilai yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Makanan disajikan untuk menciptakan harmonisasi dan konvergensi.
  2. Makanan disajikan penting untuk memberikan kesabaran.
  3. Makanan menampilkan estetika untuk memberikan perhatian.
  4. Makanan memberikan kecantikan dalam berbagai warna.
  5. Makanan disajikan untuk menampilkan pemurnian.

Kelima nilai tersebut menciptakan karakteristik dari hidangan korea menjadi empat kategori saat Dinasti Chosun. Makanan telah menjadi simbol kekuatan, mencegah wabah penyakit dan perawatan, mebangkitkan cita rasa, dan sebagai alat berkomunikasi dengan dewa. 

Ketika membicarakan masalah nilai yang terdapat dalam makanan khas Korea, artinya kembali lagi ke tradisi sejak ribuan tahun yang lalu. Makanan menciptakan kehormatan, keseimbangan dan harmonisasi serta kesehatan. Banyak orang korea yang telah mengenal bahwa makanan berhubungan dengan pencegahan penyakit. 

Alasan tersebut membuat banyak bahan herbal yang dimanfaatkan sebagai bahan masakan. 

Bahan Makanan yang Berpengaruh Membawa Kesehatan

Di Korea, bahan herbal sering digunakan sebagai pengobatan dan banyak bahan memiliki hasil yang baik untuk kesehatan. Beberapa bahan yang sangat terkenal seperti ginseng, kayu manis, jahe adalah herbal yang dibuat sebagai obat sekaligus bahan masakan.  Misalnya saja air perasan kentang yang diminum baik untuk perut. 

Bawang putih digunakan untuk membersihkan darah dan melancarkan pencernaan. Hazelnut sangat baik untuk kulit dan wanita hamil. Akar Bellflower sangat bagus untuk batuk dan demam. Bubur dan kacang sangat baik untuk menghidrasi dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ada beberapa bahan utama lainnya yang memiliki peranan besar lainnya. 

Ginseng Korea
Ginseng Korea yang sudah dikeringkan. / Foto : Shutterstock

Ginseng, digunakan pada makanan dan pengobatan. Ada beberapa jenis ginseng yang tumbuh dan ginseng Korea terkenal sangat efektif. Ginseng merah adalah yang paling banyak digunakan pada makanan untuk bahan penyembuhan. Ginseng kuning sangat beracun ketika masih fresh, namun dapat dihilangkan dengan dikukus. 

Penggunaan ginseng sudah terkenal untuk pengobatan setelah dikeringkan. Fungsinya adalah sebagai antioksidan, memperkuat fungsi otak dan meningkatkan energi. Akar ginseng sangat baik untuk mengatasi kegelisahan atau rasa obsesi berlebihan. 

Kedelai, adalah bahan kedua yang banyak diproduksi dan dikonsumsi di Korea. Susu kedelai akan memberikan energi. Dahulu pada zaman kerajaan, susu kedelai akan diberikan pada narapidana yang dihukum mati. Fungsinya adalah untuk meningkatkan efek racun dan mempercepat kematian tanpa rasa sakit. 

susu kedela
Susu kedela / Foto : Shutterstock

Minyak kelapa, juga telah dikenal di Korea sajak lama. Fungsinya adalah untuk menenangkan dan akan membuat tubuh menjadi kaku jika penggunaannya berlebihan. Minyak kelapa juga terkenal sebagai masker wajah bersama dengan dicampur air cucian beras. Sehingga kulit akan menjadi putih tidak hitam walaupun terkena sinar matahari. 

Makanan Khas Korea yang Menyehatkan

Semua makanan Korea terkenal dengan adanya proses fermentasi. Metode ini adalah menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Ada beberapa jenis makanan khas Korea yang difermentasi yang terkenal Diantaranya doenjang (pasta kacang kedelai), ganjang (kecap asin), gochujang (pasta sambal), jeotgal (seafood yang diasinkan). Jeotgal adalah seafood yang difermentasi beberapa bulan hingga beberapa tahun.  

Semua makanan yang difermentasi tersebut akan memproduksi asam dan enzim. Ketika dikonsumsi akan meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat fungsi hati, dan keseimbangan bakteri dalam pencernaan. Kesehatan dan makanan yang mempengaruhinya memiliki sejarah panjang tidak hanya di Korea tetapi seluruh Asia

proses fermentasi
Keramik ferementasi bumbu makanan Korea. / Foto : Shutterstock

Ada banyak makanan khas korea yang pedas atau asam manis semuanya memiliki peranan baik dalam kesehatan. Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang terkenal dari Korea dan memiliki fungsi kesehatan tersembunyi. 

  • Juk

Hidangan ini adalah makanan sekaligus obat yang berbentuk sangat bervariasi. Makanan ini sering dikonsumsi saat makan berat seperti Korean BBQ atau saat seseorang sedang sakit. Teksturnya sangat lembut dan berisi sehingga sangat mudah untuk dicerna. Tidak hanya orang sakit saja, juk dikonsumsi untuk anak-anak dan lansia. 

  • Kongnamul Kuk

Hidangan ini untuk penyegar perut bagi mereka yang baru saja mabuk di malam harinya. Kongnamul Kuk sangat murah dan mudah untuk dibuat penuh dengan nutrisi. Akar dari kecambah mengandung bahan khusus yang disebut asparagines yang akan menyiarkan dengan cepat. Digunakan juga untuk meredakan demam, karena kandungan vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. 

  • Insam

Insam adalah akar ginseng yang baru dan terkenal sebagai pengobatan berbagai jenis penyakit. Hidangan ini akan meningkatkan kekebalan tubuh dengan cepat membangun otot dan mencegah stress. Bisa juga digunakan untuk mengobati masalah pencernaan dan mencegah rasa mual dan pusing. Karena efeknya yang sangat keras, Insam tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi orang yang sedang memiliki tekanan darah tinggi. 

  • Samgyetang
Samgyetang Korea
Makanan khas Korea Samgyetang. / Foto : Shutterstock

Semangkuk kaldu kuah panas dengan ayam utuh yang diisi dengan beras ketan, ginseng, jujube, kacang ginkgo, dan bawang. Selama musim panas, banyak orang berkeringat dan untuk menurunkan nafsu makan. Energi juga akan menurun, sehingga untuk menggantikan energi yang hilang, Samgyetang akan memberikan dorongan energi dari dalam. 

  • Kimchi

Kimchi adalah sawi putih yang pedas dan telah difermentasi, juga salah satu makanan khas Korea yang paling terkenal di dunia. Kimchi yang telah difermentasi memiliki rasa asam sehingga baik untuk kantong empedu dan hati. Kandungan di dalamnya kaya akan vitamin A, B dan C, Lactobacillus, probiotik. Kandungan probiotik di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serat menyaring racun yang jahat. 

  • Pasta Doenjang

Doenjang adalah pasta kedelai yang difermentasi mirip dengan miso. Hasil dari fermentasinya dapat menetralkan racun dan anti nutrisi yang tinggi dalam kedelai. Rasanya asin sehingga baik untuk ginjal serta kandung kemih. Makanan ini adalah sumber protein murah dan  menjadi bumbu masakan korea lebih dari 2000 tahun. Kandungannya juga tinggi akan flavonoid, asam linoleat, vitamin, dan mineral. Dilihat dari kandungannya tersebut doenjang dapat menjadi bahan makanan anti kanker dan mencegah kardiovaskular. 

  • San-Namul

Sanmul artinya adalah sayuran yang berasal dari gunung. Apapun jenis sayuran berdaun, batang dan berakar akan digunakan. Semua sayuran atau sayuran herbal yang pahit sangat baik untuk kesehatan jantung serat usus kecil. Semua bahan tersebut sering digunakan untuk hidangan Korea terkenal yaitu bibimbap. 

Terbaru

Artikel Terkait