Mencicipi Makanan Khas Maluku yang Unik dan Penuh Makna

Sudah pernah mencicipi makanan khas Maluku? Seperti apakah rasanya? Setiap makanan Maluku memiliki makna dan tradisi yang cukup dalam.

Maluku merupakan wilayah kepulauan di bagian timur Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Selain wisata alamnya yang menjadi daya tarik para wisatawan, makanan khas Maluku juga terkenal memiliki cita rasa yang enak dan lezat. 

Kepulauan yang mendapat julukan Kepulauan Rempah-rempah oleh bangsa Eropa ini memiliki komoditi cengkeh dan pala terbaik. Tak heran jika Maluku memiliki cita rasa makanan yang lezat. Makanan yang berbahan dasar ikan menjadi makanan khas yang banyak tersedia di sini karena Maluku juga terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. 

Aneka Macam Makanan dan Minuman Khas Maluku

Selain makanannya yang terkenal enak, minuman khas Maluku juga tidak kalah menggoda selera. Jika Anda berkesempatan untuk jalan-jalan ke daerah ini, jangan lupa untuk mencicipi berbagai sajian khas kuliner Maluku sebagai berikut:

  • Papeda
Papeda
Papeda / Foto : hijabransel

Ciri khas papeda adalah warna putih dengan rasanya yang tawar serta tekstur yang kental dan lengket. Papeda biasanya disajikan bersama ikan tongkol yang sudah dibumbui dengan kunyit untuk menambah cita rasa.

Makanan yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan rendah kalori ini memiliki cara yang cukup unik untuk menyantapnya yaitu dengan cara diseruput dari piring. Selain diseruput langsung, Anda juga bisa menggulungnya menggunakan sumpit. Makanan yang sarat makna karena disimbolkan sebagai pemberi kehidupan ini terkadang memiliki ritual khusus untuk mengolahnya. 

  • Ikan Asar
Ikan Asar
Ikan Asar / Foto : swalimapixel

Ikan asar atau ikan asap merupakan makanan populer di Maluku yang diolah secara sederhana dengan diasap. Saking populernya makanan ini mengandung filosofi sebagai ketahanan pangan masyarakat. 

Jenis ikan yang biasanya dimasak dengan cara diasap adalah ikan yang dagingnya tahan ketika proses dan sesudah pengasapan seperti ikan tuna dan cakalang. Selain bisa langsung disantap, ikan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh karena memiliki daya tahan hingga tujuh hari. Akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama nasi dan sambal colo-colo. 

  • Gohu Ikan

Makanan khas Maluku Utara yang satu ini memiliki konsep yang mirip seperti sashimi yang terkenal di Jepang karena penyajiannya menggunakan ikan mentah. Jenis ikan yang paling difavoritkan untuk membuat menu makanan ini adalah ikan tuna dan cakalang. 

Cara pengolahan gohu ikan sangatlah mudah yaitu dengan memotong-motong daging ikan berbentuk dadu, dicuci, lalu dilumuri dengan garam dan perasan lemon. Untuk menambah cita rasa biasanya ditambahkan bumbu tumisan cabe rawit dan bawang merah. 

  • Nasi Lapola

Salah satu makanan pokok penduduk Maluku adalah nasi lapolo. Menu makanan ini terdiri dari beras, kacang tolo, dan parutan kelapa muda. Nasi ini sangat cocok untuk disantap bersama olahan ikan tongkol basah, ikan teri, dan lalapan mentah. 

Untuk mendapatkan hasil masakan yang bagus, api untuk memasak beras harus menggunakan api kecil. Beras yang dimasak setengah matang tersebut kemudian ditambahkan dengan kelapa parut yang sudah dibumbui bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, dan cabai merah. Setelah adonan selesai dibuat, nasi lapola dikukus hingga matang dan bisa dinikmati dengan sambal khas Maluku yaitu sambal colo-colo. 

  • Nasi Jaha
Nasi jaha khas Maluku
Nasi Jaha / Foto : telusur Indonesia

Nasi jaha merupakan salah satu makanan berat dari Maluku yang sangat mengenyangkan karena bahan baku utamanya mengandung banyak karbohidrat. Nasi ini terdiri dari campuran beras ketan, beras biasa, dan santan kelapa yang dibungkus daun pisang lalu dimasukkan ke dalam batang bambu yang dibakar dengan bara api. 

Rasanya sangat gurih karena dibumbui dengan rempah-rempah berupa daun serai, jahe, garam, gula pasir, daun jeruk purut, dan bawang merah. Menu makanan khas ini biasanya dihidangkan untuk acara-acara seperti pesta syukuran atau hajatan. 

  • Sagu Woku Komo-komo
Sagu woko moko
Sagu woku komo-komo / Foto : Bagi-in

Makanan khas yang berbahan dasar sagu ini bisa menjadi pilihan untuk menu makanan berat. Proses pengolahannya cukup mudah yaitu sagu direndam dengan air dingin, diberi bumbu, dan dicampuri jeroan ikan serta santan kelapa cair. Setelah adonan selesai dibuat, bungkus dengan daun woka dan panggang hingga daunnya kering. Sagu woku komo-komo pun sudah siap disantap.

  • Halua Kenari
Halua Kenari
Halua Kenari / Foto : Genpi

Cemilan yang satu ini sangat cocok untuk menemani teh atau kopi. Makanan ini terbuat dari kenari yang diberi campuran gula merah sehingga rasanya manis dan legit. Kandungan gizi halua kenari sangatlah baik karena mengandung sumber protein yang tinggi. 

  • Lapis Palaro

Menu makanan yang satu ini merupakan jenis kudapan yang berbentuk kue dengan bahan utama berupa daging sapi yang dicampur bumbu rempah-rempah. Daging sapi yang digunakan sebagai bahan utama lapis palaro harus diiris tipis dan dilarutkan ke dalam air, gula pasir, garam, dan tepung maizena. Setelah itu direbus dan digoreng bersama bumbu halus berupa cabai merah, bawang putih, bawang merah, jahe, kencur, jinten, pala, ketumbar, dan cengkeh.

  • Kopi Sibu-sibu
Kopi sibu-sibu
Kopi sibu-sibu / Foto : Travel Tribun

Kopi sibu-sibu merupakan salah satu minuman khas Maluku yang memiliki cara penyajian yang berbeda dengan kopi-kopi lainnya. Kopi robusta yang menjadi komposisi utama untuk membuat kopi ini dihaluskan dengan cara tradisional dan dicampur bubuk cengkeh halus serta taburan biji ketapang muda. Rasa dan aromanya pun khas dan sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. 

  • Jus Buah Pala
buah pala dari Maluku
Buah pala / Foto : Ramesia

Jus ini terbuat dari daging buah pala dan banyak dijual di toko-toko atau supermarket dalam bentuk botol kemasan dan siap diminum di mana saja. Awal dibuatnya jus ini lantaran daging buah pala masih jarang dimanfaatkan dan lebih sering dibuang. Bahan yang digunakan untuk membuat jus ini terdiri dari daging buah pala segar, pewarna makanan alami, gula, asam sitrat, dan air.  

Setiap makanan khas Maluku tersebut memiliki cita rasa yang khas dan patut Anda coba setiap berkunjung ke sini. Selain bisa disantap langsung, beberapa makanan khas tersebut bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga maupun teman-teman. 

Terbaru

Artikel Terkait