makanan India

Pernah ga sih kamu sering mendengar mitos makanan India yang akhirnya membuatmu mengurungkan diri untuk mencicip kari India, parata atau makanan khas lainnya. Banyak mitos yang beredar tentang macam-macam makanan khas India di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Mungkin saja kamu menjadi salah satu orang yang sangat ‘parno’ ketika mendengarkan mitos-mitos tersebut.

Lalu benarkah semua mitos itu? Namanya saja mitos, tentu saja belum tentu benar dan juga belum tentu salah. Jika kamu masih tetap ingin mencicipi makanan India maka sebaiknya ketahui dulu apakah mitos tersebut benar atau tidak. 

Jangan sampai hanya karena mitos kamu tidak berani atau bahkan ilfeel dengan makanan itu. Gak ada salahnya kok mencoba, toh kamu tidak memakannya setiap hari. 

Rahasia Dibalik Makanan India

makanan khas India
Beragam makanan India / Foto : Shutterstock

Kamu mungkin mendengar kari adalah makanan yang sangat berminyak, apakah semua makanan India seperti itu? Tentu saja tidak. Ada banyak sekali makanan khas India, mulai dari rasa yang pedas atau sedang. Cara memasaknya pun beragam ada yang cepat bahkan ada yang butuh berjam-jam. 

Ada beberapa rahasia yang tidak banyak diketahui tentang makanan ini, khususnya jika biasanya kamu hanya mengkonsumsi makanan di restoran saja. Apa saja rahasianya? 

  • Ribuan tahun

Tahukah kamu bahwa makanan India sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Makanan telah menjadi simbol penting dalam kebudayaan India. Sehingga tidak heran jika kuliner India selalu memiliki makna tertentu dibalik pembuatan dan penyajiannya. 

  • Kaya bumbu 

Masakan India memiliki ciri yaitu rasa yang sangat kuat bahkan penampilannya saja seperti sebuah seni. Tentu saja, karena kulinernya berasal dari campuran banyak sekali bumbu rempah yang menghadirkan kesempurnaan dalam sebuah hidangan. 

  • Bahan yang fresh

Pastinya jarang sekali beranggapan bahwa makanan India adalah jenis makanan yang fresh. Jika ingin hidangan fresh, kebanyakan orang akan menuju ke restoran Italia. 

Jangan salah karena hidangan India selalu menggunakan bahan-bahan yang baru dan segar. Misalnya saja bawang bombay merah yang hanya diiris tipis. Bahan yang segar dipercaya akan memberikan nutrisi baik ke dalam tubuh. Artinya sedikit sekali makanan yang diawetkan, khususnya hidangan tradisional India. 

  • Obat

Bumbu-bumbu yang sangat kaya bukan sekedar untuk memberikan rasa tetapi juga sebagai bentuk pengobatan. Seperti kunyit, jahe, bawang putih dan cabai hijau adalah bahan-bahan yang sering digunakan sebagai pengobatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

  • Elemen seimbang

Makanan India bukan sekedar lemak, begitu banyak bahan yang seimbang mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan juga fiber yang dibutuhkan tubuh manusia. Oleh karena itu kuliner India bergizi seimbang. 

Mitos Tentang Makanan Khas India 

Bumbu India
Bumbu-bumbu masakan India / Foto : Shutterstock

Apakah mitos makanan dari India yang pernah kamu dengar yang akhirnya menghentikan langkahmu untuk mengkonsumsinya? Ada begitu banyak mitos yang sebenarnya tidak benar. Inilah mitos-mitos yang harus kamu ketahui kebenarannya :

Pedas dan Panas

Mitos yang tidak benar jika makanan India selalu panas dan juga pedas. Memang benar banyak bumbu digunakan tetapi tidak selalu membuat rasanya pedas. Selain itu cabai hijau yang sering digunakan biasanya ditambahkan selera dari orang yang hendak mengkonsumsinya. 

Baca juga:   Mencicipi Makanan Khas Maluku yang Unik dan Penuh Makna

Ditambah lagi, tidak semua makanan pokok India selalu menggunakan 10 jenis rempah yang berbeda. Setiap tahunnya banyak orang India yang hanya menggunakan satu bumbu saja dalam setiap jenis masakan. 

Berlemak dan Tidak sehat

Mitos ini seringkali didengarkan di Indonesia dan hal ini tentu saja salah. Minyak yang digunakan dalam satu jenis masakan biasanya adalah 6 sendok makan, tetapi kamu bisa menguranginya. Bahkan ada banyak sekali jenis makanan yang tidak mengandung minyak sama sekali. Tentu saja cara memasaknya pun bervariasi seperti dikukus, dipanggang atau direbus. 

Apabila dilihat dari perspektif kesehatan, kamu justru akan dikejutkan dengan begitu banyak jenis sayuran yang digunakan. Kebanyakan masakan bahkan dibuat dari awal dan membutuhkan waktu berjam-jam karena tradisional. 

Sulit untuk Dimasak

Jika kamu memilih makanan tradisional India, mungkin saja sulit untuk dimasak. Tetapi kini banyak makanan modern dari India yang awalnya tradisional tetapi sudah berubah cara memasaknya. Contohnya saja seperti ayam tandoori. Bahan-bahannya sangat mudah dipersiapkan dan sangat cepat dibuat. 

Selalu Mengandung Bubuk Kunyit

Kari memang identik dengan makanan India dan bubuk kari selalu menjadi andalan. Hal ini tentu saja salah, memang sebagian besar makanan menggunakan bumbu ini, tetapi tidak semuanya. Justru bumbu utama yang selalu digunakan adalah garam masala, yang akan meningkatkan sedikit rasa pedas dan rempah. 

So, apakah kamu masih takut mengkonsumsi makanan India? Jangan takut, karena kamu bisa kok mencicipinya tanpa takut gemuk atau kepedasan.