usaha kuliner
Foto : Shutterstock

Ada banyak loh bisnis kuliner rumahan yang bisa dimulai dari sekarang. Sukses tidaknya bisnis yang kamu pilih tergantung ketekunan yang kamu jalan serta keberuntungan. Karena dunia bisnis kuliner itu jika ditekuni akan membuahkah hasil yang lebih cepat, secara makanan adalah kebutuhan pokok manusia maka kamu perlu mencobanya. 

Apa sih yang membuat kamu ragu untuk memulai usaha kuliner? Modal pastinya. Memang benar jika kamu ingin membuka bisnis makanan seperti warung harus memikirkan sewa tempat, bayar listrik per bulan, dan juga peralatannya. Tapi bagaimana jika kamu tak perlu modal besar untuk bisa tetap membuka usaha? Pastinya tertarik kan. 

Memang benar, kini tak selalu butuh modal besar untuk membangun usaha apalah bisnis kuliner. Sudah banyak contoh bisnis kuliner modal kecil yang bisa kamu mulai dari sekarang. Apalagi di masa pandemi corona seperti ini yang membuat banyak pedagang kaki lima gulung tikar. 

Beragam Ide Bisnis Kuliner Rumahan

bisnis kuliner
Foto : Shutterstock

Tak selalu harus membeli peralatan baru, kamu bisa memanfaatkan alat-alat yang tersedia di rumah. Kamu juga tidak harus menyewa ruko atau tempat untuk membuka usaha. Cukup ulet di rumah berkreasi dan gencar melakukan promosi secara online. Dua tips ini akan membantu bisnis kuliner apapun yang kamu pilih pasti berjalan dengan lancar. 

Tapi bagi kamu yang pemula pasti akan bingung memilih jenis makanan apa sih yang sebaiknya dipilih? Manakah yang akan membawa peruntungan sangat besar? Daripada bingung, yuk pilih beberapa menu usaha berikut ini. 

Mie Ayam

usaha mie ayam
Foto : Shutterstock

Siapa sangka bahwa mie ayam bisa menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan. Kamu juga tidak perlu membuat mie sendiri, cukup cari tahu produsen mie basah khusus mie ayam. Yang perlu dipersiapkan adalah packaging yang menarik, seperti menggunakan kotak karton ramah lingkungan. 

Sedangkan untuk mie ayamnya sendiri, kamu cukup meracik bumbu dan mengemas toping secara terpisah. Saat ini mie ayam merupakan usaha makanan paling laris saat ini. Cara promosinya gampang, kamu bisa menggunakan instagram. Membuat postingan menarik dan mengiklankannya. 

Tahu Walik

Ide usaha lainnya adalah jajanan yang paling banyak disukai oleh anak-anak. Persiapan yang dibutuhkan usaha ini hanya tahu dan adonan isiannya serta minyak goreng. Jangan lupa juga siapkan saus pedas kekinian yang yang pedasnya nampol. Kamu juga bisa loh menggunakan bumbu bubuk yang berlevel, jadi pembeli tinggal pilih tuh level pedasnya. 

Cara membuat tahu walik juga cukup sederhana, tak perlu alat-alat memasak khusus. Keistimewaan yang bisa kamu tonjolkan dari usaha ini adalah isiannya. Bukan hanya sekedar isian dari pati kanji, kamu harus membuat sesuatu yang berbeda. Misalnya menambahkan potongan telur, daging ayam, ikan atau sayuran pastinya akan lebih menarik. 

Nasi Goreng

usaha nasi goreng
Foto : Shutterstock

Jika kamu memiliki banyak waktu senggang di rumah saat malam hari, perlu dicoba nih bisnis kuliner nasi goreng. Setiap orang pasti suka dengan nasi goreng jadi menu ini cocok untuk dijadikan usaha. Kamu bisa memperbanyak menu nasi goreng seperti nasi goreng sosis, nasi goreng nanas, nasi goreng hongkong, nasi goreng kimchi, nasi goreng pete, dll. 

Baca juga:   5 Langkah Memulai Bisnis Kuliner Frozen Food Zaman Now

Semakin banyak menu usaha ini akan lebih menarik, kamu juga tidak perlu membuka warung dan bisa membuatnya di rumah. Pembeli bisa datang langsung ke rumah atau memesannya dengan ojek online. Modal yang diperlukan juga tidak sampai jutaan rupiah. 

Nasi Kuning dan Nasi Uduk

usaha nasi kuning
Foto : Shutterstock

Kuliner dengan bahan utama nasi selalu menjadi pilihan terbaik karena modalnya tidak banyak. Ide lainnya adalah membuat nasi kuning atau nasi uduk yang bisa dijual di waktu pagi hingga sore. Sama seperti nasi goreng, nasi kuning atau uduk juga banyak disukai. Kunci usaha nasi kuning atau uduk bisa laris adalah rasanya harus gurih dan memiliki banyak kondimen. 

Semakin banyak kondimen maka ada banyak pilihan bagi pelanggan. Mulai dari ayam suwir, ayam utuh, beberapa jenis telur, masakan tempe hingga sambal yang beragam. Kamu juga bisa menerima pesanan nasi kuning box hingga tumpengan. 

Keripik

usaha keripik
Foto : Shutterstock

Indonesia sangat terkenal dengan aneka camilan dari keripik. Misalnya saja di kota Malang ada banyak sekali keripik buah yang dijajakan. Ide usaha keripik ini juga tidaklah sulit untuk dilakukan. Kamu hanya perlu mencari produsen keripik supaya mendapatkan harga termurah kemudian repacking keripik dengan ukuran kemasan yang berbeda-beda. 

Keuntungan usaha keripik adalah tingkat awetnya lebih lama dibandingkan kuliner seperti nasi. Keripik juga lebih mudah dikirim ke berbagai kota sehingga cocok sebagai bisnis kuliner online. Kamu tinggal memilih jenis keripik apa saja yang ingin dipasarkan. 

Gimana, memulai usaha kuliner ternyata gak seribet yang kamu bayangkan selama ini kan? Jika sudah memilih salah satu ide bisnis jangan lupa tekun dalam menjalankannya.