membuat kue

Siapa hayo yang suka dengan cake dengan tekstur lembut dan moist? Ayo angkat tangan. Cake selalu menjadi panganan wajib yang ada di acara-acara ulang tahun. Tapi kini tidak lagi, karena banyak sekali toko bakery dan patisserie yang menyediakan berbagai potongan cake. Bagi kamu penggila cake, pasti penasaran dong apa sih rahasia cara membuat cake yang lembut dari moist para patissier. 

Ada begitu banyak macam rasa dan teksturnya selalu lembut. Tentunya semua patissier bekerja keras dalam menciptakan resep andalan mereka. Kamu juga tak perlu takut ketinggalan, karena disini ada trik rahasia yang biasa mereka dilakukan. Yuk intip di sini. 

Rahasia Patissier dalam Membuat Cake Lembut dan Moist

membuat kue lembut
Foto : Shutterstock

Semua patissier selalu memproduksi cake sesuai dengan resep. Mulai dari mengukur setiap bahan yang digunakan hingga memilih bahan yang tepat. Ada banyak rahasia di dalamnya yang mungkin tidak akan kamu ketahui tanpa belajar secara langsung. Sebagai panduan, yuk kenali rahasianya berikut ini. 

Pemilihan Tepung Berpengaruh Pada Kelembutan

aneka tepung
Macam-macam tepung untuk membuat cake./ Foto : Shutterstock

Beda jenis tepung maka beda pula kandungan proteinnya. Semakin banyak kandungan protein maka akan semakin tinggi glutennya. Tepung adalah rahasia pertama yang akan membuat cake menjadi lembut. Jika ingin membuat cake, maka kandungan protein di dalamnya harus sangat rendah.

Semakin rendah kandungan proteinnya, maka rendah pula gluten yang terbentuk. Efek yang diberikan adalah cake menjadi lembut.

Hasil Terbaik Dimulai dari Pencampuran Bahan

mencampur bahan cake
Proses pencampuran bahan harus benar./ Foto : Shutterstock

Membuat kue adalah sebuah eksperimen kimia dimana bahan-bahan dicampur secara berurutan sehingga menciptakan reaksi dan efek. Cake yang lembut, halus dan tekstur terbaik serta moist berasal dari pencampuran krim, butter, gula, telur. 

Pengadukan dilakukan secara perlahan memasukan bahan kering seperti tepung. Baru setelahnya mencampurkan bahan cair seperti susu atau buttermilk. Jadi apapun resepnya selalu ikut urutan bahan-bahan yang harus dicampur supaya hasilnya sempurna. 

Jangan Lupakan Panas Pada Oven

memanggang cake
Cake diletakkan di tengan oven./ Foto : Shutterstock

Kamu mungkin sudah mengikuti cara membuat cake sesuai dengan resep, tetapi kamu tidak mengenali oven yang akan digunakan. Hasilnya, cake bisa terlalu matang atau gosong, bisa juga kurang matang. Demi mencegah kesalahan sebaiknya gunakan termometer. 

Termometer adalah alat yang paling baik untuk kalibrasi panas pada oven dengan tepat. Apalagi jika kamu akan memanggang dengan oven ukuran besar. Cara memanggang di dalam oven jangan terlalu dekat dengan bagian atas atau bawah karena menghasilkan warna yang terlalu coklat. 

Peranan Baking Powder sebagai Pengembang

baking powder
Baking powder wajib untuk membuat cake./ Foto : Shutterstock

Baking powder memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan tekstur cake. Fungsinya adalah membuat cake mengembang dan hati-hati karena ada banyak jenisnya. Sebaiknya beli baking powder yang memiliki kemampuan ‘’double acting’’ yang akan membuat pengembangan cake lebih konsisten. 

Pada tahap awal, baking powder akan aktif ketika pencampuran bahan basah dengan kering. Kemudian adonan akan menjadi cair dan timbul bubble. Pada tahapan akhir adalah saat pemanggangan. Bubble yang tadinya muncul akan memngembang dan mengakibatkan cake naik. 

Proses Kimia Saat Mencampur Adonan

Masing-masing bahan memiliki peranan penting sama seperti baking powder yang akan menimbulkan proses kimiawi. Pertama adalah tepung, cara mencampurnya tidak boleh berlebihan supaya gluten tidak mengeras dan membuat cake lembut gagal. 

Baca juga:   3 Macam Teknik Masak yang Harus Diketahui Semua Ibu Rumah Tangga

Kedua adalah lemak, seperti butter atau minyak yang akan membuat memisahkan formasi gluten sambil menciptakan efek moist. Ketiga adalah gula yang akan memecah gluten dan membuat tekstur cake tetap halus dan utuh. Gula juga membuat efek moist bertahan lama dan mengalami proses karamelisasi yang membuat rasa menjadi lebih kaya. 

Terakhir adalah telur yang fungsinya membuat adonan set di dalam oven. Kuning telur mengandung lemak beserta lecithin sebagai emulsifier yang membuat lemak dan air tercampur rata.

Bagaimana, setelah mengenali semua rahasia cara membuat cake yang lembut dan halus para patissier apakah kamu tak sabar untuk mencoba membuatnya? Pilih resepnya dan kenali bahan-bahan serta urutan pembuatannya.