makanan khas Perancis
Foto : freepik.com

Tak diragukan lagi bahwa cara memasak khas Perancis telah menjadi teknik dasar dari hampir seluruh jenis masakan di dunia Barat. Jadi tidak heran jika kamu sedang mulai belajar makanan Barat ada banyak teknik dengan istilah-istilah berbahasa Perancis. Semua teknik tersebut penting untuk memasak makanan khas Perancis. 

Teknik yang digunakan oleh para koki memang terdengar sulit. Mereka pun membagi cara memasak sesuai dengan porsinya supaya hidangan lebih cepat selesai. Misalnya saja sasu dan sup dimasak oleh sous chef, ada juga mainchef yang bertanggung jawab secara keseluruhan. 

Tapi apakah semua makanan khas Perancis harus dihidangkan dengan teknik-teknik sulit seperti di restoran? Tentu saja tidak, karena kamu juga bisa mempelajari teknik memasak makanan Perancis yang mudah di rumah. 

7 Teknik Memasak Makanan Khas Perancis di Rumah

Teknik flambeing
Teknik flambeing. Foto : Shutterstock

Ngomong-ngomong soal teknik memasak, di beberapa acara memasak pasti sering terdengar kata flambéing. Apa itu? Flambéing adalah salah satu teknik memasak yang mengeluarkan api dan cukup berbahaya. 

Api keluar dari atas pan yang didalamnya terdapat bahan seperti daging dan saus dengan temperatur yang sangat panas. Kemudian menambahkan sedikit alkohol seperti brandy sehingga muncul api dan meninggalkan rasa pada daging. Tapi teknik ini tak perlu dikuasai jika kamu hanya ingin memasak di rumah. 

Beberapa teknik dasar memasak makanan khas Perancis yang bisa dipraktekkan di rumah dan cenderung aman adalah sebagai berikut. 

1. Sautéing

Sautéing merupakan proses memasak dengan panas tinggi dalam pan menggunakan butter. Kunci dari teknik adalah terus membuat bahan yang dimasak bergerak dengan cepat. Berbeda sekali dengan teknik menumis yang hanya memutar makanan atau membaliknya. 

Sauté sendiri dalam bahasa Perancis artinya adalah melompat. Pan perlu dipanaskan terlebih dahulu supaya butter meleleh tetapi tidak berwarna coklat. Kemudian masukkan bahan makanan dan tunggu sebentar baru menggerakkan pan dengan cepat dan membolak-baiknya. 

2. Julienne

Teknik memotong Julienne
Potongan Julienne. /Foto : Openfit.com

Julienne merupakan teknik memotong bahan makanan, dimana hasil potongannya mirip dengan korek api. Ukuran standar potongan Julienne adalah ⅛ X ⅛ X 2 inci. Apabila potongannya terlalu tebal maka akan disebut sebagai jardiniere. Potongan ini dibutuhkan supaya tingkat kematangan sayuran sama serta bisa digunakan sebagai garnish yang tepat. 

3. Blanch

Teknik Blanching
Teknik memasak blanching. Foto : Shutterstock

Blanching merupakan salah satu teknik dasar memasak dari Perancis yang kini banyak sekali digunakan. Teknik ini digunakan untuk memasak sayuran dan buahan sehingga memudahkan mereka untuk dikupas. Cara ini juga digunakan untuk menghilangkan rasa pahit dalam selada atau sawi serta meningkatkan rasa krispi pada sayuran seperti asparagus. 

Caranya sangat mudah yaitu dengan merebus sayuran ke dalam air mendidih selama beberapa detik atau menit tergantung jenis sayurannya. Kemudian angkat sayuran atau buah dan langsung masukkan ke dalam air. Air es akan menghentikan proses memasak pada sayuran sehingga warna dan rasanya tetap segar. 

4. Poaching

Teknik ini adalah cara memasak dengan merebus di air mendidih untuk menciptakan tekstur yang lembut dan menjaga rasa dari bahan makanan. Telur adalah contoh bahan makanan yang sering dimasak dengan teknik ini. 

Baca juga:   Bukan Sekedar Kuliner, Ini Alasan Makanan Khas Perancis Begitu Terkenal

Sedangkan untuk bahan lainnya seperti ikan,ayam dan juga sayuran biasanya tak hanya dimasak dengan air. Air biasanya diganti dengan bahan seperti susu atau kaldu. Perebusan dengan susu atau kaldu akan menambah rasa dari bahan makanan. 

5. Braising 

Cara masak ini hanya digunakan pada berbagai jenis daging saja seperti daging sapi, daging domba atau kambing. Teknik ini membutuhkan panas tinggi kemudian hanya dimasak dengan sedikit cairan baik itu kaldu atau air biasa. 

Teknik ini sangat cocok digunakan untuk memasak daging dalam jumlah sedikit atau yang dipotong kecil-kecil. 

6. Béchamel

Béchamel sebenarnya bukanlah teknik melainkan sebuah saus utama makanan khas Perancis atau yang lebih sering disebut sebagai mother sauce. Sekali mengetahui cara membuatnya, kamu nantinya cukup menambahkan bahan lain seperti keju atau rempah sesuai dengan jenis masakan. 

Bahan yang digunakan untuk membuat béchamel adalah tepung dan butter yang dimasak dalam beberapa menit kemudian ditambahkan dengan susu. Aduk terus menerus dalam di atas api sedang hingga menjadi saus kental. 

Rasio terbaik untuk memasak ini adalah 1:1:1, biasanya saus béchamel klasik ditambahkan dengan parutan pala atau bayleaf. 

7. Déglacer

Terakhir adalah Déglacer, yaitu teknik memasak saus dengan pan. Caranya adalah dengan memasak kaldu atau wine di atas pan yang sudah panas hingga menjadi saus. Tanpa ditambahkan saus, maka teknik ini akan membuat kaldu atau wine berubah menjadi kecoklatan dan mengental. 

Sudah siap mencoba makanan khas Perancis buatan sendiri di rumah? Jangan lupa praktekkan teknik-teknik ini ya.