makanan Italia
aneka makanan khas Italia / Foto : Shutterstock

Makanan khas Italia, siapa saja yang mendengarnya pasti akan membayangkan pizza dan pasta. Tidak semua makanan Italia adalah pasta dan juga pizza, masih banyak jenis makanan lainnya. Apa sih yang membuat makanan Italia sangat populer di dunia? Bahkan jika dijual di restoran harganya sangat mahal. 

Menurut YouGov Study, 25.000 orang dari 25 negara suka dengan pasta dan pizza. Disusul pada peringkat kedua adalah makanan Cina dan Jepang. Artinya, makanan Italia sangat disukai hampir diseluruh dunia. 

Jadi apa rahasia yang membuat makanan Italia banyak disukai? Alasan utamanya adalah bahan makanan yang fresh dan sehat. Makanan sehat tentu akan terasa lebih enak. Bahan yang fresh kemudian diolah menggunakan teknik memasak tradisional. 

Orang Italia juga tidak segan untuk menggunakan bahan makan yang mahal. Misalnya saja Coltura de Alici, sebuah saus ikan yang berasal dari penduduk asli di pesisir Almafi. Penggunaan saus ini sangat sedikit dalam hidangan tapi mampu menambah cita rasa yang sangat kuat.

Jadi jenis masakan Italia mana Yang ingin kamu tiru? Sebelum menentukan jenis makanannya, pelajari teknik apa saja yang digunakan.

5 Teknik Memasak Makanan Khas dari Italia

Tidak sedikit yang menganggap bahwa makanan khas Italia sulit ditiru. Jika melihat melalui berbagai media bagaimana koki Italia beraksi, kelihatannya sangat sulit. Banyak bahan, teknik hingga plating yang mukit diikuti. 

Sebenarnya tidak, para koki hanya mengikuti Lima dasar teknik memasak berikut kemudian mengembangkannya. 

  • Merebus dan Mendidihkan

Kebanyakan masakan Italia dimasak dengan menggunakan air yang cukup banyak. Contohnya saja merebus pasta di dalam air yang mendidih hingga akhirnya matang. 

pasta Italia
merebus pasta penne Italia / Foto : Shutterstock

Bollito misto adalah salah satu makanan Italia yang merebus beberapa potongan daging. Risotto juga dimasak dengan mendidihkan nasi bersama air hingga memiliki tekstur mirip seperti bubur.

  • Sautéing

Teknik kedua ini adalah menumis, tidak pada masakan yang melewatkan tahapan ini. Baik itu saus pasta dan pizza, semua berawal dari menumis potongan sayuran atau bawang. 

makanan khas Italia
menumis makanan khas Italia / Foto : Shutterstock

Langkah ini kemudian dijelaskan pada buku masakan italia oleh Marcella Hazan yang menyebutnya sebagai insaporire. Artinya adalah menurunkan rasa, dimana secara umum bahanutma ditambahkanke dalam wajan kemuian ditumis hingga akhirnya meresapi bumbu dasarnya.

Makanan Italia yang menggunakan cara ini hingga akhir adalah hidangan veal scaloppine dan chicken piccata. 

  • Braising

Langkah ini mengedepankan pemasakan yang lambat dimana potongan daging, ayam, ikan dan sayuran berukuran lebih besar. Bahan-bahan tersebut kemudian direndam dengan air yang sudah diberi bumbu. 

makanan Italia
Merebus daging dengan teknik ‘Braising’ / Foto : Shutterstock

Semua bahan sudah direndam kemudian ditutup dan dimasak dengan api yang sangat kecil hingga empuk. Hidangan klasik Italia yang menggunakan cara memasak ini adalah osso buco, chicken cacciatore  dan braised escarole dengan kacang dan kismis. 

  • Roasting dan Grilling

Teknik ketiga ini adalah memanggang dan membakar. Terkadang orang sering salah tafsir bahwa kegiatan membakar dan memanggang adalah sama. Padahal keduanya adalah kegiatan yang berbeda. Makanan Italia kebanyakan dibakar hingga kering dalam suhu yang sangat tinggi. 

makanan negara Italia
membakar daging atau grilling / Foto : Shutterstock

Potongan daging yang kecil dan sedang biasanya akan dibakar, seperti hidangan Bistecca alla Fiorentina. Sedangkan potongan lebih besar akan dipanggang menggunakan oven. Pemanggangan sering dilakukan untuk ayam dengan bawang putih an rosemary. 

Baca juga:   Pizza : Kudapan Rakyat Jelata Yang Diam-diam Dicintai Sang Raja

Proses membakar daging di atas alat bakar khusus biasanya bersamaan dengan mix vegetable atau paprika merah. 

  • Baking

Hampir setiap rumah orang Italia memiliki oven, tanpa oven tentunya mereka tidak bisa memanggang pizza. Istilah baking bukan hanya digunakan pada roti atau kue saja tetapi juga hidangan pasta. 

pizza Italia
memanggang pizza Italia / Foto : Shutterstock

Oven Italia tradisional pada sebuah desa biasanya dibuat besar sehingga dapat digunakan seluruh penduduk desa. Berbagai macam hidangan tradisional yang membutuhkan oven seperti classic lasagna, casseroles, poultry dan fish. 

Jenis-Jenis Makanan Italia yang Mudah Dibuat

Apabila dilihat dari kelima teknik memasak Italia sebenarnya tidak jauh dengan yang kita gunakan di Indonesia. Hanya saja bahan-bahan memasak sangat berbeda sehingga dapat memunculkan cita rasa Italia. Jika kamu sudah menguasai beberapa teknik di atas, tidak perlu langsung praktek makanan Italia yang sulit. 

Ada beberapa jenis makanan khas Italia yang terkenal di dunia ternyata mudah dibuat sendiri di rumah lho. Apa saja makanannya? Yuk mari kita buat makanan ini. 

  • Spaghetti Aglio e Olio

Makanan Italia yang paling mudah untuk dibuat sendiri di rumah pertama adalah spaghetti aglio e olio. Bagi kamu yang pernah ke resto Italia atau Perancis pasti sudah ga asing lagi dengan menu ini. Bahan utamanya adalah pasta spageti, kemudian untuk bumbunya hanya bawang putih, olive oil dan oregano. 

Pasta ini adalah pasta bawang putih, jika ingin pedas bisa ditambahkan cabai bubuk. Tumis bawang putih dengan olive oil, masukan pasta dan juga oregano, tambahkan garam dan terakhir bubuhkan keju parmesan sebelum dihidangkan. 

  • Spaghetti Bolognese

Pasta yang kedua ini juga sangat familiar, kamu bisa juga membeli bumbu instan di supermarket. Namun secara umum, proses memasaknya adalah merebus yaitu merebus tomat dan juga pasta. Haluskan tomat untuk dijadikan saus bolognese. 

Spagheti Italia
Spaghetti bolognese Italia / Foto : Shutterstock

Cara membuat saus, tumis bawang bombay, masukan tomat yang dihaluskan. Tambahkan bumbu seperti basil dan rosemary, garam, lada dan gula. Setelah saus sudah jadi bisa dituangkan di atas pasta. Biasanya ditambahkan meatball namun disajikan terpisah. 

  • Panna Cotta

Hidangan penutup Italia yang manis, terbuat dari susu dan juga gelatin. Teksturnya tidak terlalu keras seperti jelly sehingga harus diletakan di dalam jar. Resep dasarnya adalah dengan merebus susu yang ditambahkan gula dan juga perasa buah sesuai keinginan. 

Terakhir tambahkan gelatin dan diamkan hingga dingin. Baru masukan ke dalam lemari es selama lima jam agar sedikit mengeras. 

  • Frittata

Hidangan ini sebenarnya adalah telur dadar yang berisi dengan berbagai jenis sayuran. Jadi jika kamu memiliki banyak sisa sayuran buat hidangan ini. Caranya campurkan sayuran bersama dengan telur yang sudah dikocok lepas. Gunakan 4 hingga 5 telur, sayuran yang sudah dipotong bisa dimasukan. 

frittata Italia
Frittata khas Italia / Foto : Shutterstock

Tambahkan susu, gula dan juga garam serta oregano agar lebih harum. Tuang di atas teflon yang sudah diberikan sedikit minyak dan masak hingga setengah matang. Kemudian masukan kedalam oven untuk dipanggang. Dapat dihidangkan bersama keju parmesan.

  • Risotto

Resep ini cukup sulit, namun bisa dicoba. Caranya buat kaldu ayam atau sapi terlebih dahulu. Kemudian tumis bawang bombay hingga harum, kemudian masukan beras dan aduk hingga merata. Tambahkan kaldu ayam dan aduk hingga berubah menjadi tekstur bubur. 

Baca juga:   5 Rahasia Cara Membuat Cake yang Lembut dan Moist ala Patissier

Orang Italia biasanya juga menambahkan wine jika itu sesuai selera kamu. Jika tidak ketika hampir menjadi bubur sebaiknya tambahkan daun seledri, keju parmesan, garam, dan butter.