makanan Jerman

Jerman, selain dikenal dengan daerahnya yang sangat menarik untuk dikunjungi tetapi makanan khasnya juga tidak kalah menarik. Berikut ini adalah makanan khas Jerman yang sudah mendunia dan rasanya tidak perlu Anda ragukan lagi. 

Beberapa daftar makanan dan minuman dibawah ini bisa Anda jadikan referensi apabila Anda ingin mengunjungi negara ini untuk menikmati kulinernya.

1.Schorle

minuman khas Jerman
Minuman schorle / Foto : swr.de

Sebagai pembuka daftar minuman dan makanan khas Jerman yang harus Anda coba ini, perkenalkan dulu dengan minuman khasnya. Minuman ini pelafalannya cukup sulit disebutkan oleh masyarakat Indonesia. 

Beda halnya dengan minuman-minuman tradisional Jerman lainnya, Schorle tidak banyak dikenal oleh masyarakat luar Jerman. Minuman khas Jerman ini terdiri dari campuran jus buah dan air mineral. 

Sama seperti punch, minuman ini cukup populer pada saat musim panas datang. Selain dinikmati saat musim panas, Schorle bisa Anda nikmati saat olahraga dan kegiatan lain yang memerlukan fisik. 

2. Club Mate

Minuman khas Jerman kedua yang harus Anda coba yaitu Club Mate. Minuman ini terbuat dari teh dan soda yang memiliki kadar kafein cukup tinggi yaitu antara 20 mg per 100 ml. 

Minuman ini sangat populer sebagai minuman rendah gula dan sangat lembut dan tahan lama. Sebagian orang yang mengkonsumsi minuman ini untuk menghabiskan malamnya saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. 

3. Bionade

minuman khas Jerman
Minuman Bionade / Foto : pinterest.com

Minuman khas Jerman yang harus Anda coba selanjutnya yaitu Bionade. Minuman ini berjenis minuman bir tetapi tidak mengandung alkohol. Minuman ini terbuat dari fermentasi secara organik dan berkarbonasi oleh pabrik bir peter. Bionade memiliki berbagai jenis dan rasa seperti Holunder Bere (elderberry), Leci, Ingwer-Orange (jahe-jeruk), Quince. 

Semua jenis atau rasa dari minuman ini mengandung bahan-bahan seperti, air, gula, Malt dari jelai, Asam karbon, Kalsium Karbonat, dan Magnesium Karbonat. Minuman ini sangat mirip dengan minuman-minuman ringan pada umumnya tetapi yang membedakannya hanya dari sisi kesehatannya saja, yaitu minuman ini lebih sehat. 

4. Bratwurst

Bratswurst Jerman
Sosis Bratwurst / Foto : Shutterstock

Makanan khas Jerman yang berbentuk sosis ini diolah dengan cara dipanggang lalu dihidangkan bersama salad yang disebut dengan Kartoffelsalat. Tetapi kadang Bratwurst disajikan dengan taburan keju atau bawang dan dibuat dalam berbagai varian daging seperti daging sapi, babi, ayam, dan kalkun.

Jika Anda kumpulkan, terdapat 1.500 jenis sosis yang ada di Jerman, menarik sekali bagi Anda pecinta sosis. Salah satu jenis sosis panggang yang terkenal adalah Currywurst yang dipanggang kemudian dibumbui dengan saus tomat dan bumbu kari.

Sosis ini pertama kali ditemukan oleh Herta Heuer, warga Jerman pada tahun 1949. Sosis ini sangat terkenal bahkan salah satu Museum di Berlin dinamakan Currywurst.

5. Flasher Hase

Makanan khas Jerman yang satu ini sekilas mirip dengan steak dari segi penyajiannya tetapi cara pengolahannya berbeda. Flasher Hase terbuat dari bahan dasar daging cincang, telur, tepung, dan bawang. Semua bahan tersebut dicampurkan lalu kemudian dipanggang. Setelah matang, diiris tipis-tipis dan disajikan bersama kentang tumbuk atau kentang goreng lalu disiram dengan saus diatasnya. 

Baca juga:   Mengintip Asal Usul Minuman Khas Jerman, Ada yang Halal Juga Loh

6. Apfelstuder

Apel strudle Jerman
/ Foto : Shutterstock

Anda pasti tidak asing dengan makanan  yang satu ini. Makanan ini bentuknya mirip dengan Apel Strudel yang banyak dijual di Kota Malang.

Apel Strudel terinspirasi dari Apfel Studer ini. Makanan khas Jerman yang halal  ini mempunyai cita rasa yang sangat nikmat oleh karena itu orang Indonesia tertarik untuk mengembangkannya. 

Kue ini pada umumnya berbentuk bulat dengan tekstur yang lembut. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga sebagai hidangan penutup atau dessert. Tetapi makanan ini juga bisa Anda nikmati sebagai cemilan.

Cita rasa yang manis dan asam karena terdapat apel di dalamnya. Apfelstrudel ini ditaburi bubuk kayu manis sebagai topping pemanisnya dan membuat aromanya semakin nikmat. 

7. Bretzel

Makanan khas Jerman yang halal satu ini juga sering Anda jumpai di Indonesia. Bahkan restoran di Indonesia banyak yang menyajikan makanan ini sebagai cemilan atau makanan penutupnya. Tetapi, makanan ini tentu berbeda dengan yang ada di negara aslinya, Jerman. 

Bentuknya adalah pita berwarna coklat yang diatasnya ditaburi garam kasar, biji wijen, atau biji bunga matahari. Bahan dasar kue ini adalah tepung gandum, garam, ragi, air, dan malt. Teksturnya sedikit keras tetapi ini adalah ciri khasnya. Makanan ini adalah cemilan wajib ketika acara Oktoberfest di Jerman. 

Variasi makanan ini sangat banyak, ada yang berbentuk pita, stick, atau bola-bola kecil. Diatasnya tidak lupa ditaburi berbagai macam toping seperti keju, gula, bubuk kayu manis, irisan sosis, dan lain-lain.

8. Gulaschsuppe

Gulaschsuppe Jerman
Gulaschsuppe / Foto : Shutterstock

Makanan khas Jerman ini adalah sup dengan kuah yang kental dan berwarna merah. Bahan dasarnya terdiri dari daging sapi, kentang, tomat, dan rempah – rempah khas Jerman. Cara mengolah makanan ini dengan mencincang-cincang daging menjadi potongan agak bebas, lalu campurkan bersama bumbu bumbu lainnya

9. Kartoffelsalat

Makanan dari Jerman yang satu ini adalah makanan pendamping yang cukup terkenal. Makanan ini terbuat dari potongan kentang rebus yang dicampurkan dengan bawang bombay segar, mayonnaise, cuka, tomat, telur, daging sapi, dan saus yang terbuat dari susu.

10. Lebkuchen

Kue Jahe Jerman
Cookies Jahe / Foto : Shutterstock

Makanan yang memiliki sebutan lain berupa gingerbread atau roti jahe ini adalah cemilan khas Jerman. Bahan – bahan yang digunakan sangat beragam yaitu tepung, madu, telur, kacang walnut, kacang hazelnut, kacang badam, manisan jeruk, potongan buah lemon, marzipan, dan rempah – rempah seperti jahe, adas manis, ketumbar, pimento, dan kapulaga. Makanan ini sangat nikmati apalagi dinikmati dengan susu dan teh hangat. 

Berikut adalah 10 daftar minuman dan makanan khas Jerman yang harus Anda coba apabila mengunjungi negara ini. Bagi Anda yang muslim, alangkah baiknya Anda bertanya terlebih dahulu daging apa yang digunakan untuk mengolah makanan tersebut. Semoga dapat menjadi inspirasi Anda ketika ingin menikmati kuliner disana.