Beranda Top 10 10 Makanan Cina Tradisional Melegenda dan Wajib Dicoba

10 Makanan Cina Tradisional Melegenda dan Wajib Dicoba

934
makanan Cina
Berbagai macam makanan Cina. / Foto : Shutterstock

Siapa yang tidak mengenal negara Cina? Negara terbesar di dunia ini memiliki bangksa yang tersebar di seluruh negara. Satu lagi yang tidak terlupakan dari Cina selain kebudayaannya adalah kuliner. Bangsa Cina memiliki satu budaya dalam menyapa ‘ni chile ma’ yang artinya ‘apakah Anda sudah makan?’. Sejarah makanan Cina sendiri jauh ke belakang sekitar 1000 tahun yang lalu. 

Begitu banyak cara memasak dan teknik serta bahan-bahan makanan yang selalu berkembang menurut waktu. Tipe makanan Cina dapat dicermati yaitu ada dua. Pertama adalah karbohidrat yang terkandung dalam tepung seperti mie, nasi dan bakpau. Kedua adalah hidangan yang digoreng serta sayuran, ikan atau daging. 

Orang CIna sangat suka dengan sayuran segera seperti jamur, selada air, bambu, dan tahu. Di bagian Cina utara, gandum selalu mendominasi hidangan di meja makan dan merupakan makanan favorit. Sedangkan di bagian Cina selatan, beras ketan banyak ditanam dan selalu menjadi hidangan terlaris. 

Setiap hidangan selalu memiliki fokus untuk menciptakan tiga keseimbangan yaitu tampilan, aroma dan rasa. Koki Cina selalu memberikan perhatian lebih pada tampilan makanan yaitu memiliki warna yang bervariasi. Saus dan bumbu seperti kecap ikan, kecap asin, cuka dapur, jahe, akar bawang dan saus tiram selalu menjadi senjata utama. Semua bumbu akan menciptakan rasa yang kompleks, berbeda dari hidangan negara lainnya. 

Cita rasa makanan Cina Indonesia sudah banyak yang berubah dari aslinya. Hal ini disebabkan orang Indonesia yang sangat suka dengan makanan berempah dan sedikit minyak. Sangat bertolak belakang dengan makanan Cina asli. 

Jenis-Jenis Makanan Cina yang Tidak Boleh Dilewatkan

Hidangan Cina hampir sama dengan makanan Jepang yaitu memiliki cita rasa ‘umami’ yang mendeskripsikan rasa yang sangat enak. Rasa umami berasal dari berbagai macam bahan masakan Cina seperti kubis, bayam, seledri, green tea, dan berbagai bahan fermentasi. 

Cara mempersiapkan makanan Cina memiliki pengaruh erat dari dua filosofi yaitu Konfusianisme dan Taoisme. Salah satu standar menurut Konfusianisme adalah makanan harus dipotong kecil-kecil seukuran satu gigitan sebelum disajikan. Bagi mereka yang menganut ajaran Taoisme, makanan harus memberikan kesehatan dan memberikan kemampuan untuk menyembuhkan agar berumur panjang. 

Semua hidangan Cina bersatu pada membentuk kuliner yang tidak pernah bisa disamakan. Beberapa jenis makanan Cina tradisional bahkan masih bertahan hingga saat ini. Inilah sepuluh hidangan khas Cina yang tidak boleh dilewatkan. 

  • Bebek Peking
bebek peking
Bebek peking / Foto : Shutterstock

Hidangan pertama yaitu bebek peking sangat terkenal dan berasal dari kota Beijing. Banyak orang asing dan lokal sangat menyukai hidangan ini. Ketika menyantap hidangan ini, kulit bebek yang dipanggang terasa manus dan meleleh di mulut serta tetap krispi. Hidangan sampingannya adalah ketimun dan daun bawang. Beberapa jenis saus diberikan untuk memberikan cita rasa berbeda. 

  • Hong Shao Rou
hong shao rou Cina
Hong shao rou khas Cina. / Foto : Shutterstock

Hidangan kedua ini bukanlah makanan cina halal karena menggunakan bahan utama daging babi. Artinya adalah babi masak merah yang menggunakan bagian perut. Beberapa bumbu yang digunakan adalah jahe, bumbu aromatik, bawang putih, cabai, kecap asin, rice wine dan gula. Jika berkunjung ke negara Cina sangat mudah menemukan menu ini. 

  • Biang Biang Mian
Baca juga:   10 Makanan Khas Turki yang Paling Populer di Dunia

Nama yang cukup unik, namun siapa sangka bahwa makanan ini adalah mie dengan lebar yang cukup besar. Biasanya disajikan dalam mangkuk besar dan banyak toping. Cara memakannya adalah mencampurkan mie terlebih dahulu dengan toping. Beberapa toping yang digunakan adalah telur, daging sapi, tomat, dan kentang yang dipotong kecil. 

  • Dumpling
makanan Cina Dumpling

Satu lagi makanan Cina yang sudah dikenal di seluruh dunia dan banyak negara lain memiliki makanan mirip dengan versi berbeda. Dumpling dapat dikonsumsi pada saat pagi, siang dan juga malam hari. Celupkan dumpling ke dalam kecap asin atau cuka yang dicampur dengan bawang putih sebelum dimakan. Hidangan ini juga cukup mudah dibuat di rumah, isian dumpling yang asli adalah daging babi yang dicincang. 

  • Hot pot
Hot pot Cina
Hot pot hidangan khas Cina. / Foto : Shutterstock

Hot pot adalah makanan berkuah sangat pedas yang berasal dari kota Sichuan dan Chongqing. Apabila datang ke restoran hot pot Anda akan merasakan suasana sangat panas. Makan hidangan ini berama-ramai adalah cara yang sangat tepat untuk menambah rasa kekeluargaan. Pertama pesan jenis sup yang akan digunakan dalam hot pot, kemudian baru pesan sayuran serta daging. 

  • Stinky Tofu
stinky tofu Cina
Stinky tofu khas Cina. / Foto : Shutterstock

Mendengar namanya saja, Anda harus bersiap-siap untuk mengkonsumsi makanan yang sangat bau. Ya, hidangan ini adalah tahu basi yang kemudian dimasak. Tidak semua orang akan suka dan kuat menghadapi baunya yang sangat menyengat. Rasanya cukup pedas dan warnanya adalah hitam karena banyak jamur yang sudah tumbuh pada tahu tetapi tidak berbahaya. 

  • Sup daging domba

Nama makanan ini adalah ‘yang rou pao mo’ merupakan hidangan tradisional orang Xian. Daging domba menjadi jenis daging yang banyak orang Cina konsumsi, namun saat ini telah dimodifikasi menggunakan daging babi atau sapi. Sup tidak menggunakan mie namun diganti dengan roti yang direndam ke dalam kuah untuk memperkaya rasa. Disajikan bersama dengan saus pedas, dan bawang putih. 

  • Mapo Tofu
mapo tofu Cina
Mapo Tofu khas Cina. / Foto : Shutterstock

Tidak ketinggalan, tahu selalu menjadi hidangan yang cukup mendominasi bangsa Cina salah satunya Mapo Tofu. Rasa hidangan ini adalah asam manis dengan bumbu fermentasi khusus. Tampilannya yang berwarna coklat kemerahan selalu menggugah selera. Bahan utamanya adalah tahu, daging sapi atau babi yang digiling, cabai dan saus khusus dari Sichuan. 

  • Kung Pao Chicken
ayam kungpow Cina
Kungpow Chicken khas Cina. / Foto : Shutterstock

Ayam Kung Pao mungkin terdengar aneh di telinga Indonesia, berbeda dengan Kung Pao Chicken. Makanan utama khas Cina ini menggunakan bahan utama ayam yang dipotong dadu kemudian digoreng dengan tepung. Ayam yang sudah matang kemudian dimasak kembali dengan bumbu pedas dan ditambahkan kacang mete, timun dan lada. 

  • Char Siu

Hidangan ini berasal dari kota Kanton yang menggunakan babi sebagai bahan utamanya. Namun kini seringkali diganti dengan ayam dan dikenal sebagai ayam masak merah. Cara memasak tradisionalnya, daging babi dipanggang di dalam oven dengan saus plum dan madu yang memberikan rasa sedikit manis. Warna daging setelah dipanggang sangat merah di bagian luarnya dan sangat empuk di dalam.