makanan Amerika

Makanan khas suatu negara adalah salah satu yang dapat menjadikan negara tersebut populer tentunya dari kualitas dan rasa dari makanan itu sendiri. Di setiap negara pastinya memiliki makanan khas yang enak bagi penikmat kuliner di seluruh dunia yang tertarik untuk mencobanya. 

Amerika Serikat memiliki bermacam makanan dan minuman yang enak, unik, dan popular. Karena sudah terkenal sekali, bahkan penjualnya pun sampai ke seluruh negara salah satunya adalah Indonesia. 

Beberapa makanan khas Amerika yang akan dibahas berikut ini sudah sangat populer tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia. Penasaran apa saja kuliner khas Amerika yang sudah banyak dijual di Indonesia ? Simak daftarnya berikut ini.

1.Taco

taco Amerika Latin
Taco / Foto : Shutterstock

Taco adalah makanan khas Amerika Latin, yaitu daerah Mexico yang terletak di bagian Amerika Utara. Makanan ini adalah hidangan andalan yang sangat populer di setiap restoran cepat saji. 

Taco berbentuk seperti kebab yang bahan utamanya tortilla gandum dan diisi dengan daging, daun selada tomat, bawang, keju serta potongan alpukat. Ditambah dengan taburan lada dan saus salsa khas Amerika Latin. Taco disajikan dalam bentuk yang unik, yaitu berbentuk seperti kerang sehingga membuatnya punya daya tarik visual tersendiri. 

2. Hot Dog

Makanan khas Amerika yang populer selanjutnya yaitu Hot Dog atau Wiener yang menjadi menu andalan di setiap restoran cepat saji. Isi dari Hot Dog tidak jauh berbeda dengan Taco yaitu sosis, selada, keju, buah olive, bawang, mayonnaise, dan potongan kubis yang segar. 

Roti yang sudah diisi dengan isian tadi dipanggang menggunakan arang supaya mendapatkan cita rasa yang khas. Tetapi, sekarang Hot Dog telah dijual dengan berbagai macam pilihan isi dan daging yang digunakan cukup variasi. 

3. Tuna Sandwich

sandwich tuna Amerika
Sandwich Tuna / Foto : Shutterstock

Makanan khas Amerika selanjutnya yaitu Tuna Sandwich. Makanan ini selain lezat tetapi juga baik untuk kesehatan karena terdapat kandungan protein yang tinggi yang sangat baik untuk menunjang masa pertumbuhan. 

Di Amerika Serikat, ikan tuna menjadi makanan utama yang diminati oleh masyarakat negara Amerika. Makanan ini berisi roti yang di dalamnya terdapat tuna kaleng, daun selada, tomat, keju dan potongan alpukat. 

4. French Fries

French Fries merupakan snack khas Amerika yang sangat populer hingga seluruh dunia. Snack ini termasuk sebagai makanan cepat saji yang sangat diminati bagi pecinta kuliner. Makanan ini sudah mendunia sejak lama dan memiliki banyak penggemar karena dari rasanya yang enak dan gurih.

French Fries ini adalah makanan ringan yang terbuat dari kentang lalu di goreng garing. Di Amerika Serikat ini menjadi makanan pendamping untuk makanan berat ataupun makanan ringan. French Fries juga bisa dinikmati di saat berkumpul dengan teman atau keluarga, cemilan saat menonton film, atau menemani mengerjakan tugas. 

5. Burrito

Burrito Amerika
Burrito / Foto : Shutterstock

Makanan yang satu ini merupakan perpaduan antara Amerika dan Meksiko sehingga membuatnya sebagai makanan khas Amerika Latin. Sekilas kalau Anda lihat, bentuk Burrito beserta isiannya sangat mirip dengan Taco, yang membedakannya hanya pembungkusnya saja. Kalau Taco dibungkus berbentuk kerucut sedangkan Burrito menyerupai bentuk tabung. Makanan ringan ini sering dijadikan sebagai menu pembuka dan isinya pun kaya akan sayur serta kacang tumbuk. 

Baca juga:   10 Aneka Makanan Khas Jerman dan Minumannya yang Wajib Dicicipi

6. Burger

Makanan khas Amerika ini yang paling populer di seluruh dunia, bahkan di Indonesia banyak sekali restoran yang menjual makanan satu ini. Ciri khasnya adalah roti yang berbentuk bundar dan diisi dengan daging, daun selada, tomat, acar, bawang, keju, mayonaise, dan saus tomat atau saus sambal untuk pelengkapnya. Daging yang digunakan untuk isian burger bisa berupa daging sapi atau daging ayam crispy

7. Ice Cream Sundae

sundae Amerika
Sundae buah / Foto : Shutterstock

Menu penutup yang satu ini juga sangat terkenal sekali di Amerika bahkan sampai ke Indonesia. Hampir setiap restoran di Indonesia menyediakan menu penutup yang satu ini.  Ice Cream Sundae ini adalah sejenis jajanan yang terbuat dari es krim dengan buah-buahan, sirup whip cream dan buah cherry sebagai hiasannya. Makanan manis ini disajikan dalam wadah berupa gelas atau mangkuk. 

8. Mate

Setelah membahas makanan, sekarang beralih ke minuman khas Amerika sebagai pelengkap informasi ini. Minuman ini disebut juga dengan mah-the, yaitu minuman herbal yang mirip dengan teh. 

Minuman ini disajikan untuk sekelompok orang dalam wadah besar dan diminum menggunakan pot logam. Apabila kamu ke daerah sekitar Argentina, Paraguay, Uruguay, dan Brasil Selatan, maka kamu akan sering melihat orang-orang yang membawa pot di transportasi umum. 

9. Malbec

Malbec wine
Wine Malbec / Foto : Shutterstock

Apakah kamu tahu bahwa Argentina merupakan produsen anggur terbesar kelima di dunia khususnya anggur merah? Aktivitas ini sebagian besar terjadi di daerah Mendoza yang mempunyai lebih banyak kebun anggur daripada gabungan seluruh Australia dan Selandia Baru. 

Cara terbaik untuk mengkonsumsi Malbec adalah bukan dengan membelinya di supermarket melainkan mengunjungi Mendoza dan menghabiskan hari dengan bersepeda mengelilingi setiap kilang anggur. 

10. Coquito

Bagi warga Amerika Latin khususnya Puerto Rico, liburan Natal tidak lengkap tanpa Coquito. Coquito adalah percampuran sempurna dari krim kelapa, susu, susu kental manis, pala, rum, cengkeh, dan kayu manis. Supaya bisa dinikmati semua orang termasuk anak-anak, minuman yang mengandung alkohol ini akan diganti dengan coklat, jambu biji, atau nanas.

Makanan yang disebutkan di atas merupakan makanan khas Amerika yang sangat populer bahkan mendunia sampai ke Indonesia. Beserta dengan minuman khas Amerika yang sangat unik dan menarik untuk Anda coba apabila berkunjung ke Amerika.