nasi timbel bandung
Nasi Timbel makanan khas Bandung. / Foto : Shutterstock

Bandung memang selalu menjadi destinasi pilihan untuk berwisata ketika akhir pekan khususnya bagi orang-orang yang tinggal di Jabodetabek. Selain lokasinya cukup dekat dan dapat ditempuh hanya dalam waktu beberapa jam, banyak tempat-tempat wisata menarik yang bisa Anda temukan di sini. Selain itu beragam makanan khas Bandung yang terkenal enak dan lezat wajib Anda cicipi kulinernya. 

Daya tarik Kota Bandung memang tidak ada habisnya mulai dari tempat wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, hingga wisata kuliner yang memanjakan lidah. Cita rasa khas kuliner Bandung pun banyak dikemas dengan inovasi dan kreativitas yang semakin kekinian. Jika sedang berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bandung paling hits. 

Jenis-jenis Makanan dan Minuman Khas Bandung

Menikmati pesona wisata Kota Bandung sambil mencicipi aneka kuliner yang ada di kota ini tentu akan menjadikan liburanmu terasa lebih lengkap. Berbagai makanan, minuman, dan aneka jajanan khas Bandung yang terkenal enak dan lezat bisa Anda cicipi untuk menemani liburan selama di sini. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan dan minuman khas Bandung, di antaranya:

  • Surabi
surabi bandung
Surabi khas Bandung / Foto : Shutterstock

Surabi merupakan salah satu makanan khas Bandung yang begitu melekat dengan kota ini dan menjadi makanan favorit para wisatawan. Menu makanan ini merupakan olahan dari tepung beras yang dimasak dengan tungku. Selain dicampur dengan kuah gula, surabi Bandung semakin bervariasi dengan aneka topping baru yang beraneka rasa. Selain topping yang berankea ragam, surabi di kota ini juga memiliki berbagai rasa seperti surabi ayam, kornet, sosis, dan telur. 

  • Nasi Kalong

Makanan khas Bandung yang satu ini memang cukup unik karena memiliki ciri khas nasinya yang berwarna hitam dan mirip dengan kalong atau kelelawar. Bahan dasar nasi kalong merupakan nasi merah yang diberi bumbu tambahan berupa bawang merah, kluwek, kelapa parut, cabai, dan daun salam. Dalam penyajiannya, nasi ini biasanya ditemani berbagai jenis lauk seperti ayam goreng madu, sambal, tumis buncis, dendeng, rendang abon, telur, dan lain sebagainya. 

  • Colenak

Menu makanan yang satu ini merupakan salah satu jajanan Bandung yang lagi trend yang wajib Anda coba. Bahan dasar utama colenak merupakan peuyeum yang dibakar dan ditambah parutan kelapa serta gula merah. Disebut colenak karena merupakan singkatan dari dicocol enak. Selain rasa original manis dari gula merah, colenak juga hadir dalam varian rasa lain seperti nangka dan durian. 

  • Cuankie

Bagi Anda para pecinta bakso, wajib untuk mencoba salah satu makanan endemik di Kota Bandung ini. Asal-usul nama cuankie sendiri cukup unik karena berasal dari singkatan cari uang jalan kaki lantaran banyak yang menjualnya dengan menggunakan gerobak. Cuankie biasanya terdiri dari bakso, tahu, dan siomay yang disajikan dengan kuah bening. Selain itu, tak jarang makanan ini juga ditaburi sayur seperti daun bawang untuk menambah cita rasa. 

  • Karedok

Jika Anda berkunjung ke Bandung, maka jangan lewatkan salah satu makanan khas Bandung yang paling enak dan sehat ini. Karedok merupakan menu makanan yang dibuat dari berbagai jenis sayuran segar dan disiram bumbu kacang di atasnya. Sayur yang dihidangkan merupakan sayur yang bisa dimakan tanpa dimasak seperti kol, tauge, kacang panjang, daun kol, kemangi, mentimun, dan terong. Untuk menambah cita rasanya, karedok biasanya dibumbui terasi, gula, bawang putih, garam, kencur, dan cabai. 

  • Nasi Timbel
Baca juga:   10 Jenis Makanan Khas Jawa Barat dari Tradisional hingga Modern

Makanan khas Sunda yang satu ini sangat direkomendasikan untuk menemani makan siang atau makan malam Anda. Nasi timbel memiliki ciri khas berupa nasi yang dibungkus dengan daun pisang lalu disajikan bersama dengan lauk khas Sunda berikut lalapannya. Berbagai menu lauk yang biasanya menemani nasi timbel ini seperti ikan goreng, ikan bakar, ayam goreng, tahu, tempe, sayur asem, sambal, dan lain sebagainya. 

  • Seblak
seblak bandung
Seblak Bandung / Foto : Shutterstock

Belum lengkap rasanya jika ke Bandung tetapi tidak mencicipi seblak. Menu makanan yang satu ini memang bisa banyak ditemukan di mana saja, namun mencicipinya langsung di kota asalnya tentu akan memberikan pengalaman berbeda. Seblak merupakan olahan kerupuk tepung kanji yang disajikan dengan telur dan aneka topping lain seperti sosis, bakso, daging sapi dan ayam, makaroni, jamur, dan seafood. Cita rasa khas yang pedas dan gurih menjadikan makanan ini banyak diminati para wisatawan. 

  • Perkedel Bondon

Jajanan khas Bandung yang begitu terkenal ini menjadi salah satu menu makanan yang banyak diburu para wisatawan. Olahannya hampir mirip dengan perkedel pada umumnya, namun cita rasa perkedel bondong ini sangat berbeda. Perkedel bondong memiliki resep bumbu yang istimewa dan hal tersebut tidak dibagikan ke publik. Rasanya yang gurih dan renyah pada bagian luarnya dengan bagian dalam yang begitu lembut sangat enak jika dinikmati bersama makanan berat seperti nasi. 

  • Bandrek
bandrek bandung
Bandrek khas Bandung / Foto : Shutterstock

Bandrek merupakan salah satu minuman khas Bandung yang sangat cocok jika dinikmati ketika malam hari dalam kondisi masih hangat. Bahan dasar untuk membuat minuman bandrek ini adalah jahe dan gula merah. Namun, tak jarang terdapat bahan tambahan lain seperti pandan, serai, dan merica untuk membuatnya semakin wangi dan menambah rasa hangat. Bahkan adapula yang menyajikan bandrek dengan campuran telur ayam kampung. 

  • Bajigur

Minuman khas Bandung yang satu ini mirip dengan bandrek. Hanya saja bajigur memiliki bahan dasar yang cukup berbeda berupa santan dan gula aren. Untuk menambah cita rasa dan kenikmatan, bajigur juga sering ditambahi bubuk vanili, jahe dan garam. 

Aneka makanan dan minuman khas Bandung tersebut sudah sangat populer dan seringkali menjadi salah satu tujuan kuliner para wisatawan yang datang. Anda pun dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis kuliner tersebut baik melalui pedagang kaki lima maupun restoran mewah.