makanan jawa barat

Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat menarik untuk dikunjungi, kuliner di Jawa Barat tidak kalah lezatnya. Beragam jenis makanan khas Jawa Barat bisa membuat lidah Anda ketagihan untuk mencicipi lezatnya makanan khas daerah ini. Salah satu ciri makanan khas Jawa Barat adalah identik dengan rasa pedas, asam, dan banyak menggunakan sayur-mayur. 

Kelezatan cita rasa kuliner Jawa Barat menjadikan menu-menu hidangannya selalu menjadi favorit siapapun yang mencicipinya. Sehingga daerah ini seringkali menjadi destinasi wisata sekaligus destinasi untuk hunting kuliner. Mulai dari cemilannya, minuman, hingga makanan beratnya patut dicoba dan dinikmati. 

Makanan Khas Jawa Barat dan Daerah Asalnya

nasi tutug oncom jawa barat
Nasi Tutug Oncom / Foto : Shutterstock

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang memiliki beberapa wilayah kabupaten dan kota. Masing-masing daerah memiliki ciri khas dari setiap menu makanan khasnya. Berikut ini daftar makanan khas Jawa Barat dan daerah asalnya, di antaranya:

  1. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas asal Tasikmalaya yang satu ini sudah populer hingga ke seluruh nusantara. Makanan ini tergolong menu makanan berat yang biasanya disajikan dalam keadaan hangat agar cita rasanya lebih terasa. Kombinasi nasi dan oncom yang ditumbuk bersamaan ini memiliki perpaduan rasa asin dan gurih dari oncom dan pulennya nasi. 

2. Serabi

serabi jawa barat
Serabi / Foto : Shutterstock

Makanan khas Bandung ini menjadi salah satu makanan khas tradisional yang menjadi tujuan kuliner para wisatawan. Terdapat dua varian utama serabi yaitu manis yang disiram gula merah dan asin. Namun, kini varian rasa serabi semakin beragam dengan ditambahkan berbagai topping seperti keju mozarella, sosis, keju, atau coklat. Membuat panganan tradisional ini menjadi lebih modern. 

3. Mochi

Jika datang ke Sukabumi, maka makanan khas mochi ini tidak pernah ketinggalan menjadi salah satu oleh-oleh yang harus dibeli. Mochi merupakan makanan manis yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk dan dibuat adonan hingga berbentuk bulat lengket. Isian mochi sendiri biasanya berupa kacang dan atasnya diberi taburan tepung sagu untuk menambah cita rasa kelezatan. Oleh-oleh khas yang satu ini biasanya dikemas menggunakan keranjang bambu. 

4. Karedok

Karedok Jawa barat
Karedok / Foto : Shutterstock

Bagi para pecinta sayur, karedok menjadi makanan yang wajib Anda coba. Makanan khas yang berasal dari daerah Sumedang ini mirip dengan pecel. Bahan utamanya berupa sayur-sayuran mentah yang terdiri dari kacang panjang, tauge, kol, mentimun, daun kemangi, dan terong. Sayuran tersebut dihidangkan layaknya salad karena mentah dan tidak direbus sama sekali. 

Bumbu pecel yang dibuat dari bawang putih, cabe merah, gula merah, air asam, kencur, kacang tanah, dan garam yang menyirami sayuran tersebut menambah cita rasa kelezatannya. Karedok bisa dimakan sendiri atau bersama nasi putih yang masih hangat. 

5. Peuyeum

Makanan khas Jawa Barat dari singkong ini banyak ditemui di sepanjang jalan menuju Bandung. Cemilan manis dan lezat asli dari Bandung ini berbahan dasar singkong yang ditaburi ragi untuk olahan fermentasi. Sekilas mirip seperti tape singkong hanya saja bentuk singkongnya dibiarkan utuh dan tidak dipotong-potong kecil. 

6. Cireng

Cireng jawa barat
Cireng / Foto : Shutterstock

Cireng yang merupakan singkatan dari aci goreng menjadi cemilan yang paling pas untuk menemani teh hangat dan kopi di pagi maupun sore hari. Cireng merupakan jajanan yang sudah lama ada sejak tahun 80-an dan berasal dari daerah Priangan. 

Baca juga:   Bukan Hanya Kimchi, Ini 10 Makanan Khas Korea Selatan Terbaik

Bahan untuk membuat menu makanan ini terdiri dari tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan merica. Setelah adonan dikukus, aci pun siap digoreng. Saat ini, cireng hadir dalam berbagai varian rasa seperti daging ayam, daging sapi, keju, teriyaki, dan lain sebagainya. 

7. Sate Maranggi

Bagi para pecinta sate, makanan khas yang berasal dari Purwakarta ini wajib Anda coba. Sate yang terbuat dari daging sapi dan daging kambing ini memiliki aroma khas berupa bumbu rempahnya yang terdiri dari ketumbar, jahe, lengkuas, cuka, kunyit, dan kecap manis. 

Sebelum dibakar, daging yang sudah dipotong-potong direndam dulu ke dalam bumbu agar cita rasa bumbunya bisa lebih meresap. Sate maranggi biasanya dihidangkan bersama dengan lontong, nasi timbel, atau ketan bakar dan sambal oncom. 

8. Galendo

Salah satu makanan khas yang berasal dari Ciamis ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Galendo terbuat dari ampas kelapa dan biasanya menjadi makanan penutup maupun makanan ringan. Selain rasa original, galendo juga hadir dalam berbagai varian rasa seperti rasa buah, susu, dan kacang.

9. Nasi Jamblang

Menu makanan berat yang satu ini merupakan makanan khas Cirebon yang cukup populer. Nasi jamblang disajikan bersama lauk pauk seperti tempe, tahu, perkedel, semur daging, ikan, telur goreng, dan lain sebagainya. Salah satu keunikan dari nasi jamblang adalah bungkusnya yang terbuat dari daun jati untuk menjaga kepulenan nasi sehingga terasa lebih nikmat ketika disantap. Konon, nasi jamblang dulunya merupakan makanan yang diberikan untuk para tenaga kerja paksa saat zaman penjajahan Belanda. 

10. Dodol Garut

Cemilan manis dodol ini selalu lekat dengan nama daerah asalnya Garut. Dodol Garut menjadi salah satu makanan khas yang menjadi favorit untuk oleh-oleh dan banyak ditemui di daerah Jawa Barat. Cita rasanya yang manis dan legit membuat menu makanan ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari. Dodol Garut pun tersedia dalam berbagai varian rasa seperti nanas, wijen, durian, dan stroberi.

Beragam makanan khas dari Jawa Barat tersebut tidak hanya bisa ditemukan di area Jawa Barat saja, namun sudah banyak tersebar di daerah lainnya. Anda pun juga bisa berkreasi untuk membuat menu makanan khas dari daerah ini dengan memasak atau membuatnya sendiri.