10 Makanan Khas Korea yang Terkenal Bahkan Banyak Dijual di Indonesia

Makanan khas Korea sedang booming di Indonesia. Ciri khas pedas cocok dengan lidah orang Indonesia. Makanan khas Korea Utara ini juag tidak kalah pedasnya.

Tertarik untuk pergi ke Korea ? Negara yang satu ini memiliki julukan Negara Ginseng karena memang terdapat banyak ginseng yang tumbuh. Ginseng diolah untuk dijadikan obat atau penambah rasa makanan. 

Korea Selatan tidak hanya terkenal karena idolnya yang cantik dan ganteng. Negara ini memiliki musik yang enak untuk didengar, drama yang seru, pemandangan yang indah, dan makanan yang enak. 

Banyak makanan khas Korea yang sangat terkenal di seluruh dunia bahkan di Indonesia restoran Korea menjamur dimana-mana. Lalu, apa saja makanan khas Korea yang terkenal sampai ke Indonesia ? Yuk kita simak informasinya berikut ini.

1.Jjamppong

jjampong korea
Jjampong / Foto : Shutterstock

Jjamppong merupakan makanan khas korea yang pedas berupa mi kuah. Mi dicampur dengan makanan laut dan bubuk lada merah (gochugaru). Bentuk dari jjamppong merupakan ciri khas Tiongkok lokal di kota Jepang, Nagasaki. Mie ini terbuat dari tepung gandum dan dicampur dengan cumi, udang, kerang kampak, kerang hijau, kerang dara, dan sotong. Ditambah dengan sayuran seperti wortel, bawang bombay, timun, sawi hijau, dan sawi putih. 

2. Sinseollo

Sinseollo atau Yeolguja Tang merupakan salah satu makanan khas korea Utara yang dihidangkan untuk para raja. Bentuknya seperti shabu-shabu tetapi versi Korea. Sinseollo di dalamnya berupa bola daging, pangsit, jeonyueo kecil dan bulat, dan sayur-sayuran yang di masak di dalam air rebusan yang pekat.

Makanan ini hanya dinikmati oleh orang-orang terkaya di Korea Utara. Makanan ini disajikan di dalam wadah yang besar dengan lubang ditengahnya yang terdapat api untuk selalu menghangatkan makanan. 

3. Kimchi

kimchi korea
Kimchi / Foto : Shutterstock

Kimchi adalah makanan wajib khas korea yang tradisional dan paling terkenal di bandingkan dengan makanan Korea yang lainnya. Asal mulanya Kimchi adalah makanan persediaan sewaktu musim dingin bagi orang Korea. Orang Korea baru diperkenalkan cabai setelah para pedagang Portugis datang. Sehingga mulai saat itu hingga sekarang orang Korea selalu mencampurkan cabai ke Kimchi. 

Kimchi adalah asinan sayur yang di diamkan untuk di fermentasi. Sayuran ini di cuci lalu di beri garam kemudian dicampur menggunakan berbagai macam bumbu seperti udang, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan cabai. Sayuran yang dominan pada Kimchi adalah sawi putih dan lobak. Kimchi pada umumnya digunakan untuk bahan masakan Korea seperti sup kimchi dan nasi goreng kimchi.

4. Bibimbap

kimbab korea
Kimbab / Foto : Shutterstock

Makanan yang sama terkenalnya dengan Kimchi yaitu Bibimbap. Makanan ini berasal dari kata “Bibim” yang artinya campuran dan “Bap” yang artinya beras atau nasi. Jadi, makanan khas korea yang satu ini bentuknya berupa nasi campur. 

Bibimbap disajikan dalam bentuk mangkuk yang berisi nasi putih lalu diberi berbagai macam lauk dan sayuran sebagai topping nya. Topping bisa berupa daging sapi, sayuran, telur, dan saus pedas. 

Makanan ini tergolong unik karena sebelum di makan, nasi dan lauk harus diaduk dahulu hingga tercampur merata. Di Korea, Bibimbap mempunyai banyak variasi tergantung asal daerahnya sendiri.

5. Japchae, Bihun Khas Korea

japchae korea
Japchae / Foto : Shutterstock

Sekilas Japchae menyerupai makanan khas Indonesia seperti bihun. Makanan ini menggunakan mie sohun lalu dicampur dengan bermacam sayuran dan daging sapi. Makanan ini dinikmati sebagai lauk untuk nasi hangat. Cara mengolah makanan ini cukup rumit karena tiap bahan makanannya ditumis secara terpisah seperti daging sapi, wortel, paprika, jamur shitake, bawang bombay, dan bayam. 

Semua bahan di tumis terpisah supaya mempertahankan rasa dan aroma dari masing-masing bahan makanan. Lalu semua bahan yang sudah ditumis dicampurkan dengan mie sohun yang sudah di rebus, minyak wijen, irisan cabai, dan wijen kemudian diaduk merata dan siap dihidangkan.

6. Bulgogi

bulgogi korea
Bulgogi / Foto : Shutterstock

Makanan khas Korea yang satu ini tidak kalah mendunianya dibanding makanan yang lain. Bulgogi merupakan makanan yang berupa daging sapi lalu diiris-iris dan dicelupkan ke dalam saus yang berupa campuran bawang putih, kecap asin, dan gula. 

Bulgogi dibungkus menggunakan daun selada bersama dengan kimchi dan bawang putih. Anda juga bisa menambahkan penyedap yang lain sesuai dengan selera. Makanan ini sekilas mirip dengan makanan Jepang yaitu Yakiniku yang sama terkenalnya. Tetapi Bulgogi memiliki rasa yang cenderung lebih manis dibandingkan dengan Yakiniku.

7. Soondubu Jjigae

Makanan Korea berkuah yang cukup populer di Indonesia selanjutnya adalah Soondubu Jjigae. Makanan ini adalah sup yang terbuat dari tahu, sayuran, jamur, bawang, daun bawang, dan bubuk cabai, serta bahan lain dari seafood seperti tiram, remis, dan udang. 

Walaupun berbentuk sup, makanan ini memiliki kuah yang lebih kental dibandingkan sup pada umumnya. Soondubu Jjigae dimasak dengan menggunakan alat tradisional yaitu gerabah. Yang membuatnya unik, orang-orang Korea memasak Soondubu Jjigae hanya untuk satu piring.

8. Yangnyeom Tongdak

Yangnyeom Tongdak berasal dari kata “Yangnyeom” yang artinya bumbu dan “Tongdak” yang artinya ayam. Yangnyeom Tongdak adalah makanan khas korea yang berupa ayam goreng dengan taburan saus manis asam pedas khas Korea. Saus ini yang membuat ayam gorengnya berbeda dengan ayam goreng lainnya. Saus khas ini terbuat dari campuran bawang putih, saus tomat, gula, dan cabai. 

9. Kimbap

kimbab korea
Kimbab / Foto : Shutterstock

Sekilas bentuk Kimbab mirip seperti makanan Jepang yaitu Sushi, bahkan Kimbab disebut sebagai sushi versi Korea. Isi dari Kimbab tidak jauh berbeda seperti sushi yaitu sayur, daging, dan bisa juga dikreasikan oleh Anda sesuai selera. Nasi pada Kimbab dibumbui dengan sedikit garam dan minyak wijen supaya tidak terlalu hambar. Kimbab dilapisi oleh rumput laut yang kemudian digulung di bagian luarnya, kemudian dipotong kecil-kecil.

10. Jajangmyeon

jajangmyoen korea
Jajangmyoen / Foto : nytimes

Jajangmyeon adalah makanan khas Korea yang unik karena warnanya yang hitam pekat. Mie khas korea ini dicampur dengan saus kedelai hitam yang kental dan dicampur dengan sayuran serta daging yang sudah dipotong kecil-kecil. Jika di Korea, daging yang digunakan yaitu daging babi, tetapi bagi Anda yang muslim bisa menggantinya dengan daging sapi.

Itulah 10 makanan khas korea yang sangat terkenal bahkan sampai ke Indonesia. Semoga bisa menjadikan Anda referensi apabila berkunjung ke Korea atau Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Terbaru

Artikel Terkait