oleh-oleh khas Surabaya

Pergi berlibur ke kota atau negara lain tidak lengkap rasanya ketika tidak membawa oleh-oleh. Bisa dibilang oleh-oleh menjadi bagian yang wajib ketika berlibur. Nah jika berlibur ke kota Surabaya kira-kira makanan apa yang akan kamu beli? Ada banyak makanan Surabaya menarik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Dimana tempat oleh-oleh yang lengkap di Surabaya? 

Kamu bisa langsung mengunjungi beberapa tempat khusus seperti Pasar Atum, Pasar Turi, atau Sentra UKM Merr. Selain makanan, disana kamu juga akan menemukan berbagai macam oleh-oleh kerajinan yang khas. Tapi jika kamu mencari makanan khas Surabaya, sebaiknya pilih jenis makanan yang kering jika ingin lebih awet. Apa saja makanan khas yang bisa kamu jadikan oleh-oleh yuk intip disini. 

Makanan Khas Surabaya untuk Oleh-Oleh

Apa sih yang menjadi makanan dari Surabaya? Jika berbicara tentang makanan khas yang bisa kamu cicipi maka ada segudang yang harus dicoba. Seperti misalnya soto ayam Pak Sadi, sate klopo, dan rujak cingur. Sayangnya jenis makanan tersebut kurang bisa dijadikan oleh-oleh karena cepat basi. Jadi sebaiknya kamu mencari alternatif oleh-oleh lainnya. 

Ketika kamu berkunjung ke toko oleh-oleh maka ada segudang makanan kering dan juga basah yang tersedia. Namun belum tentu semua makanan tersebut adalah makanan khas dari Surabaya. Ada beberapa saja yang merupakan makanan khas, jadi kamu harus lebih teliti memilihnya. Inilah sepuluh oleh-oleh khas Surabaya berupa makanan yang bisa kamu beli. 

1. Kerupuk Udang

Memasuki toko oleh-oleh ada banyak sekali kerupuk udang yang sudah dikemas dalam plastik. Ada berbagai macam merk kerupuk udang yang bisa kamu beli dan harganya sangat bervariasi. Jangan khawatir, semua kerupuk udang asli Surabaya dijamin pasti rasanya enak. Berbeda dengan kerupuk udang yang dijual di kota lainnya. Selain kerupuk udang, kerupuk ikan juga tak kalah pamornya. 

2. Kue Blinjo

Jika kerupuk udang nantinya kamu harus menggoreng, yang satu ini bisa langsung dinikmati. Jika biasanya melinjo dibuat menjadi emping, kini kamu bisa menikmatinya dalam bentuk kue. Rasa dari kue ini asin manis dan bisa menjadi teman minum teh. Ukurannya cukup besar dan ada berbagai merk kue blinjo yang bisa kamu pilih. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsanya juga. 

3. Kue Lapis Surabaya

kue lapis Surabaya
Kue lapis Surabaya / Foto : lapislapis.co.id

Kue lainnya yang juga makanan khas Surabaya adalah lapis Surabaya. Berbeda dengan kue lapis yang dijual di kotamu. Lapis Surabaya dibuat dengan lebih banyak telur sehingga teksturnya lebih lembut dan padat. Selai strawberry yang digunakan juga memiliki rasa lebih kuat. Jika ingin menikmati lapis Surabaya yang asli kamu bisa memilih merk Spikoe yang dibuat dengan resep kuno. Jadi rasa aslinya masih sangat terasa. 

4. Siropen Telasih

Bukan hanya makanan yang bisa kamu dapatkan tetapi juga minuman. Sirup Telasih bisa menjadi oleh-oleh yang cukup banyak karena harganya yang murah. Rasa sirup lebih segar dan rasanya yang klasik. Dahulu sirup ini hanya diminum oleh kaum bangsawan saja. Sirup ini telah diproduksi di Surabaya sejak tahun 1923. Varian rasa yang paling laris diantaranya adalah jeruk keprok dan frambos atau cocopandan. 

Baca juga:   10 Aneka Makanan Khas Jerman dan Minumannya yang Wajib Dicicipi

5. Bandeng Asap

bandeng asap
Bandeng asap / Foto : faktualnews.co

Oleh-oleh ikan lainnya yang perlu dibawah pulang adalah bandeng asap. Bukan hanya Semarang saja yang memiliki oleh-oleh bandeng presto tetapi juga kota Surabaya. Bedanya adalah cara memasaknya. Jika bandeng presto di Semarang dibumbui langsung masuk alat presto maka berbeda dengan bandeng asap. 

Ikan bandeng yang sudah dibersihkan kemudian langsung diasapi selama kurang lebih dua jam. Ikan akan dicuci kembali kemudian digantung. Di toko oleh-oleh seringkali menggantung ikan bandeng yang berukuran besar. Pembeli bisa memilih ikan langsung untuk dibawa pulang. 

6. Almond Crispy Cheese

Oleh-oleh khas Surabaya bukan hanya tradisonal, beberapa makanan kekinian juga telah menjadi buah tangan yang banyak dicari. Salah satunya adalah makanan kekinian Surabaya Almond Crispy Cheese. Ada tiga varian rasa yang bisa kamu beli yaitu rasa green tea, coklat dan orginal keju. Kue ini berbeda dengan yang lainnya karena rasanya sangat renyah. Kerenyahan didapatkan dari bentuk kue yang bulat dan sangat tipis. 

7. Sambal Bu Rudy

Sambal bu Rudy
Sambal Bu Rudy / Foto : travelingyuk.com

Ingin merasakan rasa pedasnya sambal Surabaya? Kamu perlu membeli oleh-oleh sambal udang Bu Rudy yang merupakan sambal bawang yang sangat pedas. Terasa lebih lengkap dengan membeli udang berukuran kecil yang sudah digoreng sangat kering. Selain sambal bawang ada varian sambal lainnya seperti sambal terasi dan sambal ijo. Hati-hati ketika mengemasnya karena minyak sambal seringkali tumpah. 

8. Bebek Djangkep 

Olahan bebek yang menjadi oleh-oleh sangat jarang ditemui. Masakan bebek bumbu kuning ini bisa bertahan sedikit lama karena pengemasannya. Satu ekor bebek utuh yang sudah dimasak dengan diungkep kemudian dikemas dalam plastik kedap udara. Jadi lebih aman dan tahan untuk beberapa hari selama perjalanan kamu pulang. Sesampainya di rumah jangan lupa untuk langsung mengukus bebek dan bisa segera dihidangkan. 

9. Kopi Bandrek

Satu lagi minuman khas Surabaya yang perlu dicicipi yaitu kopi bandrek. Varian bandrek sudah tersedia di seluruh penjuru Indonesia namun tidak dengan kopi bandrek, karena hanya bisa ditemukan di Surabaya. Kopi bandrek yang sudah kemasan ini berisi bubuk kopi dan campuran rempah bandrek. Jadi bukan hanya rasa cafein saja yang didapatkan tetapi juga rasa hangat dari rempah-rempah. Oleh-oleh ini biasanya sudah dikemas dalam beberapa sachet. 

10. Blinjo Udang

Blinjo udang
Blinjo udang / Foto : medium.com

Jika kue blinjo adalah olahan makanan yang manis, maka blinjo udang adalah versi asinnya. Bukan berbentuk kue tetapi merupakan emping melinjo yang pengolahannya dicampur dengan udang. Jadi rasanya berbeda dengan emping melinjo kebanyakan. Ada aroma amis udang setelah digoreng dan rasanya lebih gurih. Olahan blinjo ini bisa dibeli dalam bentuk mentah dan juga matang. 

Inilah kesepuluh makanan khas Surabaya untuk oleh-oleh yang bisa kamu rencanakan dari sekarang untuk dibeli.