Beranda Top 10 10 Makanan Khas Turki yang Paling Populer di Dunia

10 Makanan Khas Turki yang Paling Populer di Dunia

Makanan khas Turki adalah masakan timur tengah yang memiliki rasa pedas dan gurih. Daging kambing dibumbui dengan rempah khusus menciptakan kelezatan.

1250
aneka makanan khas Turki
Aneka makanan Turki. / Foto : Shutterstock

Negara Turki tidak terlepas dari sejarah peradaban Islam yang begitu panjang dan menjadi saksi bagaimana Islam berkembang di Benua Eropa. Di sini akan banyak kita temukan berbagai bukti sejarah peradaban Islam mulai dari bangunan hingga makanan khas Turki.

Tak heran jika negara ini menjadi salah satu negara favorit wisatawan. Wisatawan akan berkunjung menyaksikan tempat-tempat bersejarah seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, Istana Topkapi, dan lain sebagainya. 

Banyak hal menarik yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Turki. Mulai dari tempat wisata, budaya, dan kulinernya yang terkenal enak dan lezat hingga mendunia. Jika Anda berkesempatan mengunjungi negara ini, jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner Turki yang sangat populer dan wajib Anda coba.

Cita rasanya yang khas membuat lidah Anda akan merasa ketagihan untuk mencicipinya lagi. Dari segi kehalalannya, tidak sulit menemukan makanan halal di Turki mengingat mayoritas penduduk di sini beragama Islam. 

Jenis-jenis Makanan Khas Turki yang Wajib Anda Coba

Ada beberapa jenis makanan khas Turki yang tidak hanya bisa ditemukan di negara asalnya, karena makanan tersebut juga dijual di berbagai belahan dunia lainnya. Tentu Anda tidak akan merasa asing dengan berbagai menu makanan khas Turki yang sangat populer berikut ini:

  • Kebab

Menu makanan berupa irisan daging kambing atau sapi yang dilengkapi dengan aneka sayur. Seperti selada, tomat, jamur, dan bumbu-bumbu seperti saus dan bawang bombay ini menjadi salah satu menu khas Turki yang paling digemari. 

makanan Tukri Kebab
Kebab / Foto : Shutterstock

Irisan daging yang membangun cita rasa khas kebab ini dipanggang pada suatu tiang panggangan yang berputar. Kemudian daging tersebut digulung di dalam roti pita dan ditambahkan dengan bahan sayur dan bumbu-bumbu lainnya agar tambah lezat. 

  • Dolma

Jika dilihat dari penampilannya, dolma sekilas mirip dengan lemper khas Indonesia. Jika lemper dibungkus dengan daun pisang, dolma dibungkus dengan sayuran. Sayuran daun yang bisa dimakan seperti terong, tomat, paprika, daun anggur, dan kol.

makanan khas Turki dolma
Dolma / Foto : Shutterstock

Sayuran tersebut kemudian diberi isian nasi dan daging yang dicincang lalu dikukus hingga matang. Menu makanan ini sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan sehari-hari dan akan lebih lezat jika ditambahkan mayonaise.

  • Borek

Borek Turki merupakan salah satu makanan khas Turki yang tidak kalah populer dengan kebab. Borek merupakan pastry panggang yang berisi daging cincang, keju, dan sayuran bayam atau kentang yang membuat cita rasa makanan ini terasa gurih di lidah.

Sebelum dipanggang, isian daging untuk borek Turki biasanya harus direbus terlebih dahulu agar dagingnya lebih matang dan empuk. Menu makanan ini memiliki dua varian yaitu kering dan basah. Dalam penyajiannya, bagian atas borek Turki biasanya ditaburi dengan wijen agar lebih menarik dan enak. 

  • Baklava

Sekilas menu makanan baklava ini mirip dengan bolen pisang jika di Indonesia. Baklava merupakan makanan ringan yang berasal dari Turki berupa roti lapis. Ciri khasnya adalah khas isian kacang walnut yang dicincang dan diberi gula atau madu di dalamnya.

Baklava khas Turki
Baklava makanan Turki / Foto : Shutterstock

Penyajiannya biasanya dihidangkan bersama madu atau sirup untuk menambah rasa manis dan legit pada roti ini. Menikmati baklava bersama teh hangat bersama keluarga akan menjadi momen yang sangat mengesankan. 

  • Kofte

Menu makanan kofte biasanya menjadi salah satu pilihan menu utama pada restoran-restoran yang berkonsep Timur Tengah. Kofte merupakan steak berukuran kecil yang terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi yang digiling dan dicampur dengan bumbu-bumbu.

Makanan Turki Kofte
Kofte / Foto : Shutterstock

Pemesan bisa memilih cara pengolahan sesuai selera baik direbus, digoreng, atau dipanggang. Kofte akan lebih lengkap jika disajikan bersama salad, nasi, dan saus. 

  • Kunefe

Makanan Turki kunefe ini merupakan salah satu dessert yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Turki. Menu makanan ini merupakan salah satu makanan khas paling populer yang berasal dari Turki Selatan.

Kunefe makanan Turki
Makaan khas Turki Kunefe. / Foto : Shutterstock

Makanan ini berbahan dasar adonan phyllo kadayif yang biasanya tersedia di toko kue Turki, keju, butter, dan susu cair. Cita rasa khas Turki sendiri biasanya terdapat pada 3 sendok makan kacang pistacio yang menjadi topping-nya. 

  • Manti
makanan khas Turki Manti
Makanan Turki Manti. / Foto : Shutterstock

Manti merupakan salah satu makanan khas Turki yang mirip dengan pangsit. Di Turki, manti biasanya memiliki isian daging domba atau daging sapi yang dibumbui. Adonan tersebut kemudian dimasak bisa dengan cara direbus atau dikukus. Untuk menambah cita rasa agar semakin lezat, Anda bisa menambahkannya dengan saus. 

  • Kokoretsi

Salah satu makanan unik Turki yang wajib Anda coba adalah kokoretsi atau kokorek. Menu makanan ini terbuat dari daging jeroan yang dililit dengan usus kambing atau domba dengan menggunakan tusuk sate.

Makanan Turki Kokoretsi
Kokoretsi / Foto : Shutterstock

Daging yang sudah dililit tersebut kemudian diberi air perasan lemon, garam, minyak zaitun, lada, dan oregano sebelum dibakar. Penyajiannya biasanya diberi tambahan paprika dan oregano agar lebih lezat. 

  • Lahmacun

Lahmacun sangat mirip dengan pizza hanya saja lahmacun memiliki bentuk bulat tanpa dilipat. Topping-nya pun beragam mulai daging cincang, bawang bombay, dan peterseli yang dipanggang. Selain itu, Anda juga bisa memesan topping segar seperti acar acar tomat, paprika, terong bakar, atau daun selada. 

  • Simit

Bentuk menu makanan simit ini khas dengan bentuk melingkar yang menyerupai cincin. Permukaan roti ini biasanya ditaburi wijen. Menariknya, simit memiliki tekstur dan bentuk yang berbeda-beda di masing-masing kota di Turki. Teksturnya yang kering dan renyah mirip roti bagel menjadi ciri khas menu makanan ini. 

Selain makanan khas Turki yang lezat dan enak tersebut, Anda juga bisa mencicipi minuman khas Turki lainny. Misalnya seperti raki, ayran, sahlep, serbat, atau cay. Jika ingin mencari oleh-oleh khas Turki untuk diberikan kepada keluarga atau teman, Anda bisa memilih Turkish delight atau teh apel yang tidak kalah enak. Mencicipi aneka sajian kuliner di Turki dapat membuat liburan Anda menjadi lebih mengesankan.