Beranda Top 10 Bukan Hanya Kimchi, Ini 10 Makanan Khas Korea Selatan Terbaik

Bukan Hanya Kimchi, Ini 10 Makanan Khas Korea Selatan Terbaik

Makanan khas Korea bukan hanya Kimchi. Masih banyak hidangan dari Korea Selatan yang enak dan sehat. Semua hidangan ini telah terkenal di dunia.

427
makanan khas Korea

Akhir-akhir ini Korea Selatan menjadi negara maju, terkenal dengan perkembangan teknologi daripada makanannya. Namun kimchi telah menjadi makanan yang mengglobal berkat terkenalnya drama korea dan berbagai acara artis Korea. Dalam cerita drama atau acara artis terkenal seringkali memperlihatkan adegan makan. 

Melalui acara-acara tersebut kimchi menjadi terkenal di dunia. Tidak hanya itu makanan khas korea yang pedas juga menjadi sangat terkenal. Saat ini hampir di setiap supermarket di Indonesia paste menyediakan ramen Korea super pedas dengan rasa kimchi. Apakah kimchi itu dan apakah rasanya lezat? 

Bagi masyarakat Indonesia yang tidak terbiasa pasti akan merasa aneh. Kimchi adalah hidangan kubis yang difermentasikan bersama pasta sambal Korea dan bumbu lainnya. Sangat berbeda dengan makanan Indonesia yang terkenal fresh dan sarat akan bumbu rempah. 

Jadi jika tidak suka dengan makanan fermentasi misalnya tauco pasti tidak akan suka dengan kimchi. Jangan khawatir, masih banyak hidangan Korea lainnya yang tidak menggunakan proses fermentasi. Tapi bagi Anda yang suka dengan makanan fermentasi maka semua makanankhas Korea akan menjadi surga kuliner. 

Macam-Macam Makanan Khas Korea yang Lezat

Ada dua jenis hidangan yang biasanya disajikan oleh orang Korea pada di atas meja makan. Hidangan utama dan juga hidangan pendamping. Hidangan utama adalah makanan yang baru saja dimasak dan bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Misalnya saja ayam, daging, tahu, sayur dan bahkan ikan. 

Hidangan pendamping bagi orang Korea adalah hidangan yang disajikan untuk tambahan dan dalam porsi kecil. Hidangan inilah yang biasanya menggunakan proses fermentasi hampir semuanya. Bisa terbuat dari ikan atau sayuran dan berbagai macam rasa. Kimchi adalah salah satu jenis hidangan pendamping tapi sering juga menjadi bumbu tambahan. 

Apa saja makanan Korea baik itu yang khas dengan olahan fermentasi dan tidak? Berikut ini sepuluh macam makanan khas Korea yang tidak boleh dilewatkan. 

  • Bulgogi
Bulgogi Korea
Bulgogi / Foto : Shutterstock

Pasti sudah tidak asing lagi mendengarkan hidangan ini. Termasuk dalam hidangan utama dengan rasa yang juicy karena daging telah dimarinasi. Menurut CNN, bulgogi masuk ke urutan 23 di tahun 2011 sebagai makanan enak di dunia. Daging akan dipanggang bersama daging dan irisan bawang bombay. Cara memakannya, daging akan dibungkus dengan selada dan samjjang. 

  • Samgyeopsal 

Makan Korea yang menggunakan bahan utama daging perut babi yang telah dimarinasi sebelumnya. Cara memakannya adalah daging yang telah dibakar akan dicelupkan ke dalam saus. Celupan saus adalah garam, merica, dan minyak wijen. Daging kemudian dibungkus dalam daun selada dan potongan bawang putih yang dibakar, kimchi, bawang bombay dan daun bawang. Hampir semua restoran Korea di dunia menyediakan hidangan ini. 

  • Sundubu Jjigae

Disajikan dalam mangkuk yang besar dan termasuk dalam rebusan berbagai macam bahan. Beberapa bahan utama yang dimasukan adalah tahu, sayuran, jamur, seafood, daging sapi atau babi. Bumbu utama yang digunakan adalah gochujang (pasta sambal). Tergantung daerahnya, biasanya cara memasak akan berbeda. Secara tradisional telur mentah akan diletakkan di atas rebusan tersebut dan dicampur ke dalam sup saat disajikan. 

  • Bibimbap
Bibimbab makanan Korea
Bibimbab / Foto : Shutterstock

Makanan ini biasanya disajikan dalam mangkuk kemudian sebelum dimakan harus dicampur. Bahan yang digunakan adalah nasi, namul (sayuran yang di saute), jamur, daging sapi, kecap asin, gochujang, dan telur mata sapi. Bumbu yang digunakan dalam Bibimbap berbeda di setiap daerahnya. Versi yang paling terkenal berasal dari Jeonju, Tangyeong dan Jinju. 

  • Samgyetang

Makanan ini adalah sup ayam ginseng dan makanan korea berkuah yang disajikan saat musim panas. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan ayam, bawang putih, bawang merah, jujube Korea dan ginseng beserta bumbu lainnya. Sup ini terkenal memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Tidak hanya bagus untuk kesehatan tetapi juga terkenal dengan rasanya yang sangat creamy. 

  • Naengmyeon
nangmyoen Korea
Nangmyoen / Foto : Shutterstock

Termasuk makanan Korea yang disajikan dingin dan bahan utamanya adalah mi tipis yang sangat panjang. Naengmyeon juga merupakan makanan khas Korea Utara dan cara memakannya berbeda. Mie disajikan dingin dengan ketimun, pir Korea, daging sapi, dan telur rebus. Mie biasanya terbuat dari gandum, kentang, ubi dan bisa juga dari arrowroot. Makanan Korea yang sangat terkenal pada musim panas untuk menurunkan rasa panas dalam tubuh. 

  • Soondae

Jika suka dengan jeroan, maka pasti akan suka dengan hidangan ini. Soonde adalah berbagai macam jeroan babi yang dimasak dengan beberapa bumbu seperti mie, darah babi dan barley. Makanan khas Korea ini memiliki versi yang berbeda tergantung dengan isian dan cara membungkusnya. Walaupun resepnya berbeda namun Soonde akan sangat kenyal di luar dan lembut di dalam. Rasanya juga sangat kaya karena perpaduan berbagai macam bahan. 

  • Seolleongtang
Seolleongtang Korea
Seolleongtang / Foto : Shutterstock

Sebuah makanan tradisional Korea yang berbentuk sup dari tulang kerbau. Daging kerbau dan brisket menjadi bahan utama yang menjadikan Seolleongtang makanan lokal Seoul. Bumbu yang digunakan adalah garam, black pepper, daun bawang, dan bawang putih. Kuahnya berwarna putih dan dimakan bersama dengan nasi putih. Dagingnya akan sangat lembut dan memiliki tekstur kenyal ditambah rasa kuah yang menghangatkan. Sangat mudah menemukan Seolleongtang  di berbagai restoran Korea. 

  • Hoddeok

Sebuah versi makanan manis dari Korea yang menyerupai pancake. Hoddeok biasanya disebut juga sebagai hotteok dan menjadi street food terkenal di musim dingin. Bentuknya bulat dan tipis, terbuat dari adonan tepung yang dicampur kayu manis, madu, gula semut dan kacang yang telah dihaluskan. Rasa crunchy didapatkan dari kacang yang telah dihaluskan serta sebagai pemanis. 

  • Haemul Pajeon

Jika Hoddeok adalah pancake versi manis maka Haemul Pajeon adalah versi asin atau gurih. Sangat terkenal sebagai hidangan tradisional Korea, terbuat dari berbagai sayur dan tepung. Bahannya adalah daun bawang, kocokan telur, tepung terigu dan tepung beras. Biasanya juga ditambahkan seafood untuk versi mewahnya. Bahan laut yang digunakan adalah kerang, udang, cumi. Makanan khas Korea ini disajikan sebagai menu utama dengan tekstur yang sangat kenyal.